Jakarta (ANTARA) - Steven Gerrard dan Dean Smith mengawali tenor kepelatihan mereka di tim baru masing-masing, Aston Villa dan Norwich City, dengan meraih kemenangan dalam rangkaian laga pekan ke-12 Liga Inggris, Sabtu.

Gerrard, yang melakoni pertandingan pertamanya di Liga Premier sebagai pelatih setelah digaet dari Rangers, membimbing Villa menang 2-0 saat menjamu Brighton & Hove Albion di Stadion Villa Park.

Kendati Brighton lebih banyak mendominasi penguasaan bola hingga 63 persen, tuan rumah mampu meredam hal itu jadi sekadar angka statistika semata.

Baca juga: Aston Villa resmi tunjuk Steven Gerrard sebagai pelatih baru
Baca juga: Steven Gerrard ingin bawa Aston Villa bermain di kompetisi Eropa


Tampil di bawah tekanan, Villa justru mampu mencuri keunggulan pada menit ke-84 saat Ollie Watkins melakukan tusukan melewati hadangan Shane Duffy dan Yves Bissouma yang ia akhiri dengan sepakan keras demi melesakkan bola ke pojok atas gawang.

Lantas semenit jelang bubaran waktu normal kapten Tyrone Mings melengkapi kemenangan Villa jadi 2-0 saat ia menyambar bola sapuan tak sempurna Adam Webster.

Hasil itu cukup untuk membuat Gerrard masuk dalam catatan sejarah sebagai orang ketiga yang menandai debutnya melatih Villa di era Liga Premier dengan torehan kemenangan.

Kemenangan itu cukup untuk mengangkat Villa naik ke posisi ke-15 klasemen dengan raihan 13 poin, sedangkan Brighton (17) turun ke urutan kedelapan, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Pendahulu Gerrard, Dean Smith, yang kini pindah menangani Norwich juga menandai tenor barunya dengan kemenangan saat bangkit menundukkan Southampton 2-1 di Carrow Road.

Baca juga: Sepekan usai dipecat Villa, Dean Smith dapat pekerjaan di Norwich

Tim tamu lebih dulu memimpin lewat gol Che Adams saat laga baru memasuki menit keempat, tetapi Norwich mampu membalasnya tiga menit kemudian melalui aksi Teemu Pukki.

Norwich juga lebih banyak ditekan oleh tamunya sepanjang laga, tetapi berhasil mendapatkan gol penentu kemenangan saat sang kapten Grant Hanley menanduk umpan sepak pojok kiriman Billy Gilmour pada menit ke-79.

Hasil itu membuat Smith setidaknya membalaskan kekalahan yang ia derita dari Southampton di laga terakhirnya menangani Villa dua pekan silam.

Smith juga sukses mengangkat Norwich meninggalkan posisi juru kunci klasemen dan kini naik ke urutan ke-19 dengan raihan delapan poin.

Baca juga: Manchester United terjerembab di kandang Watford, kalah 1-4
Baca juga: Chelsea akhirnya kembali rasakan kemenangan di markas Leicester

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021