Liga Jerman

Dortmund, Gladbach dan Leverkusen kompak kembali ke jalur kemenangan

Dortmund, Gladbach dan Leverkusen kompak kembali ke jalur kemenangan

Gelandang serang sekaligus kapten Borussia Dortmund Marco Reus (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol penentu kemenangan atas VfB Stuttgart dalam laga lanjutan Liga Jerman, di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Sabtu (20/11/2021). ANTARA/REUTERS/Thilo Schmuelgen

Borussia Dortmund, Borussia Moenchengladbach, dan Bayer Leverkusen kompak kembali ke jalur kemenangan....
Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund, Borussia Moenchengladbach, dan Bayer Leverkusen kompak kembali ke jalur kemenangan dalam rangkaian laga pekan ke-12 Liga Jerman yang berlangsung Sabtu.

Dortmund menang 2-1 atas VfB Stuttgart, Gladbach menggulung Greuther Fuerth 4-0, dan Leverkusen mengatasi tim promosi lainnya VfL Bochum dengan skor tipis 1-0.

Nasib berkebalikan dialami oleh RB Leipzig yang mendapati rentetan nirkalah mereka terhenti di angka tujuh pertandingan beruntun, setelah tumbang 0-2 di markas TSG Hoffenheim.

Sedangkan masa bulan madu VfL Wolfsburg bersama Florian Kohfeldt menemui kerikil pertamanya, saat mereka ditahan imbang 2-2 oleh tim penghuni zona degradasi Arminia Bielefeld.

Berikut ringkasan hasil lima pertandingan pekan ke-12 yang berlangsung serempak seturut laman resmi Liga Jerman:

Borussia Dortmund 2 - VfB Stuttgart 1

Menjamu Stuttgart di Signal Iduna Park, Dortmund mampu membuka keunggulan melalui Donyell Malen yang memecahkan kebuntuan pada menit ke-56 dengan gol tembakan jarak jauh.

Namun, keunggulan itu hanya bertahan seumur jagung, sebab tujuh menit kemudian Roberto Massimo menerima umpan terobosan Atakan Karazor dan mengonversinya jadi gol untuk membawa Stuttgart menyamakan kedudukan.

Anak-anak asuh Marco Rose terus berjibaku memburu gol kemenangan mereka, hingga akhirnya lima menit jelang bubaran sang kapten Marco Reus mampu memenangkan Dortmund dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Thorgan Hazard.

Dortmund kini mengumpulkan 27 poin dan sukses memanfaatkan terpelesetnya Bayern Muenchen kemarin untuk menempel ketat pemuncak klasemen itu hanya dengan jarak satu poin saja.


Borussia Moenchengladbach 4 - Greuther Fuerth 0

Sembilan menit pertandingan berjalan di Borussia Park, tuan rumah langsung membuka keunggulan lewat sepakan kaki kiri Jonas Hofmann memanfaatkan umpan terobosan Lars Stindl.

Keunggulan itu digandakan oleh Florian Neuhaus dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-28, lantas Alassane Plea membuat Gladbach nyaman memimpin 3-0 dua menit jelang turun minum.

Hofmann kemudian mencetak gol keduanya pada menit ke-57 lagi-lagi memanfaatkan operan dari Stindl, dan marjin kemenangan Gladbach seharusnya bisa lebih telak bila mereka mampu mengonversi banyak peluang yang diciptakan hingga peluit bubaran.

Gladbach merangsek naik ke posisi ketujuh klasemen dengan koleksi 18 poin, sedangkan Fuerth kian terpatri jadi juru kunci karena masih nirmenang dan cuma punya satu poin.


Bayer Leverkusen 1 - VfL Bochum 0

Setelah empat pertandingan sebelumnya selalu gagal meraih kemenangan, Leverkusen akhirnya mendulang tiga poin lagi saat menundukkan Bochum 1-0 di BayArena.

Gol semata wayang kemenangan Leverkusen lahir hanya tiga menit selepas sepak mula, melalui Amine Adli yang menanduk umpan silang kiriman Jeremie Frimpong.

Bochum tak tinggal diam dan tampil agresif melancarkan serangan lewat 21 percobaan tembakan yang dilepaskan, 10 kali lebih banyak dibandingkan tuan rumah, tapi Leverkusen sukses menjaga skor 1-0 itu hingga bubaran.

Tambahan tiga poin cukup bagi Leverkusen untuk kembali masuk ke empat besar klasemen dengan koleksi 21 poin, sedangkan Bochum tertahan di urutan ke-12 dengan 13 poin.


TSG Hoffenheim 2 - RB Leipzig 0

Setelah tujuh pertandingan terakhir mampu dilewati Leipzig tanpa kekalahan dan lima di antaranya mereka menangi, tim besutan Jesse Marsch itu harus pulang dengan tangan hampa dari PreZero Arena seusai dibungkam Hoffenheim 0-2.

Tandukan Diadie Samassekou dalam situasi sepak pojok membuka keunggulan Leverkusen pada menit ke-12, lantas Munas Dabbur menggandakannya dengan tembakan jarak jauh pada menit ke-68.

Leipzig tampil teramat tumpul di laga kali ini, karena tak sekali pun berhasil menemui sasaran dari lima percobaan tembakan, meski memiliki lebih dari 58 persen penguasaan bola.

Hoffenheim naik ke urutan kedelapan dengan 17 poin, sedangkan Leipzig (18) melorot ke posisi keenam.


Arminia Bielefeld 2 - VfL Wolfsburg 2

Setelah selalu menang dalam tiga pertandingan pertama bersama Florian Kohfeldt --dua di Liga Jerman dan satu di Liga Champions-- Wolfsburg kini harus puas hanya mengantungi satu poin dari SchuecoArena setelah main imbang 2-2 lawan Arminia Bielefeld.

Wolfsburg bahkan lebih dulu tertinggal 0-2 dari tuan rumah yang memimpin lewat gol Masaya Okugawa serta eksekusi penalti Fabian Klos.

Gol balasan Wout Weghorst pada menit ke-62 yang segera disusul Lukas Nmecha semenit berselang memantik asa kebangkitan Wolfsburg, tapi Arminia memblokade segala upaya tim tamu dan memaksa skor imbang bertahan sampai peluit akhir.

Akibatnya, Wolfsburg terlempar dari empat besar dan turun ke posisi kelima dengan 20 poin, sementara Arminia (9) masih tertahan di zona degradasi menempati urutan ke-17.
Baca juga: Bayern tumbang 1-2 di tangan Augsburg dalam derbi Bavaria
Baca juga: Frankfurt amankan tiga poin krusial melawan Greuther Fuerth
Baca juga: Leverkusen hindari kekalahan lawan Hertha pada menit-menit terakhir

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar