Liga Jerman

Union bekuk Hertha demi setarakan rekor Derbi Berlin Bundesliga

Union bekuk Hertha demi setarakan rekor Derbi Berlin Bundesliga

Penyerang Union Berlin Taiwo Awoniyi (kiri) memperdaya kiper Hertha Berlin Alexander Schwolow untuk mencetak gol dalam Derbi Berlin Liga Jerman di Stadion An der Alsten Foersterei, Berlin, Jerman, Sabtu (20/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Annegret Hilse)

Jakarta (ANTARA) - Union Berlin membekuk Hertha Berlin 2-0 dalam laga pekan ke-12 Liga Jerman di Stadion An der Alten Foersterei, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Hasil tersebut, membuat Union kini menyetarakan rekor Derbi Berlin kontra Hertha di era Bundesliga dengan catatan dua kali menang sekali imbang dan dua kali kalah.

Kemenangan kali ini cukup mewakili gambaran penampilan kedua tim dalam setahun terakhir, mengingat Union ambil bagian di kompetisi Eropa lewat Liga Conference sedangkan Hertha cenderung musim lalu harus berjibaku menghindari ancaman degradasi.

Sejak sepak mula Union tampil lebih agresif melancarkan serangan dan mampu membuka keunggulan melalui Taiwo Awoniyi saat laga baru berusia delapan menit.

Baca juga: Dortmund, Gladbach dan Leverkusen kompak kembali ke jalur kemenangan

Keunggulan itu nyaris digandakan oleh Max Kruse pada menit ke-22, tetapi tembakannya masih bisa diamankan kiper Alexander Schwolow.

Delapan menit kemudian, Union betul-betul menggandakan keunggulan mereka saat Christopher Trimmel memanfaatkan situasi sepak pojok dengan menyelesaikan umpan Niko Giesselmann.

Pada pengujung babak pertama, Krzysztof Piatek sempat menjebol gawang Union untuk Hertha, tetapi gol itu belakangan dianulir oleh VAR yang menyatakan penyerang asal Polandia itu sudah lebih dulu terjebak offside.

Hertha tampil lebih hidup melancarkan serangan di paruh kedua, tetapi percobaan mereka tak kunjung membuahkan hasil.

Baca juga: Bayern tumbang 1-2 di tangan Augsburg dalam derbi Bavaria
Baca juga: Frankfurt amankan tiga poin krusial melawan Greuther Fuerth

Union malah hampir membunuh pertandingan lebih awal pada pengujung waktu normal bila saja bola tembakan Sheraldo Becker tak ditolak oleh mistar gawang.

Pun demikian, skor 2-0 sukses dipertahankan oleh Union hingga peluit tanda laga usai berbunyi, menegaskan Derbi Berlin edisi pertama musim ini menjadi milik mereka.

Union merangsek naik ke posisi kelima klasemen menggusur VfL Wolfsburg berbekal keunggulan selisih gol, kendati kedua tim sama-sama mengoleksi 20 poin.

Sedangkan Hertha, yang kini sudah tiga laga tak merasakan kemenangan, tertahan di peringkat ke-13 dengan 13 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca juga: Leverkusen hindari kekalahan lawan Hertha pada menit-menit terakhir

Di pertandingan selanjutnya, Hertha akan menjamu Augsburg di Olympiastadion pada Sabtu (27/11) pekan depan dan sehari berselang Union bertandang ke markas Eintracht Frankfurt.

Namun, sebelum itu pada Kamis (25/11) Union akan berjuang membuka asa lolos dari fase grup Liga Conference saat terbang ke Israel menghadapi Maccabi Haifa.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar