Pelaku bom bunuh diri tewaskan wartawan terkemuka Somalia

Pelaku bom bunuh diri tewaskan wartawan terkemuka Somalia

Dokumentasi - Tentara Somalia mengambil posisi di lokasi serangan bunuh diri oleh militan al Shabaab di ibukota Mogadishu, Minggu (21/6/15). ANTARA/REUTERS/Feisal Omar/aa.

Ia selalu menyoroti al Shabaab, semoga Tuhan menerima arwahnya
Mogadishu (ANTARA) - Pelaku pengeboman al Shabaab meledakkan dirinya di ibu kota Somalia bersama seorang wartawan ternama pada Sabtu (20/11), menurut kelompok al Shabaab dan keluarga korban kepada Reuters.

Abdiaziz Mohamud Guled, yang biasa dikenal Abdiaziz Afrika, bekerja di Radio milik pemerintah Mogadishu dan kerap meliput al Shabaab.

"Sepupu saya Abdiaziz tewas oleh pelaku bom bunuh diri tak lama setelah pergi ke sebuah restoran... ia tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit," kata saudaranya Abdullahi Nur kepada Reuters.


Baca juga: Sedikitnya 15 tewas karena bom bunuh diri di kamp tentara Somalia


"Ia selalu menyoroti al Shabaab, semoga Tuhan menerima arwahnya," kata Nur.

Al Shabaab mengakui aksi bom bunuh diri tersebut. Kelompok itu, yang berniat menggulingkan pemerintah dan menerapkan penafsiran hukum ketat Islam versinya sendiri, kerap melancarkan pengeboman.

"Anggota (Al Shabaab) sudah lama mengincar Abdiaziz. Ia melakukan kejahatan terhadap Islam, ia terlibat dalam sejumlah pembunuhan anggota," kata juru bicara operasi militer al Shabaab, Abdiasis Abu Musab, kepada Reuters via telepon.

Sumber: Reuters


Baca juga: Tiga ledakan bom bunuh diri terjadi di Uganda

Baca juga: Koalisi Barisan Nasional memenangi Pemilu Dewan Undangan Negeri Melaka

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Puluhan orang tewas dalam serangan masjid di Afghanistan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar