Dorna apresiasi keberhasilan Kapolda NTB kelola pengamanan Mandalika

Dorna apresiasi keberhasilan Kapolda NTB kelola pengamanan Mandalika

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal (kedua kiri) didampingi Ibu Ketua Daerah Bhayangkari NTB Nindya Iqbal (kiri) menerima cenderamata pemberian Spesialis keamanan dari Dorna Sports Fernando Arandiga (kedua kanan) usai perhelatan balap internasional di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (21/11/2021). ANTARA/Dhimas B.P.

Lombok Tengah (ANTARA) - Spesialis keamanan dari Dorna Sports Fernando Arandiga mengapresiasi keberhasilan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal dalam mengelola pengamanan ajang balap internasional di Sirkuit Mandalika, Lombok.

"Saya mengapresiasi rekan kolega saya (Kapolda NTB) yang berhasil membantu kami dalam menyelenggarakan acara besar kelas internasional dan perdana di Lombok, di Indonesia. Untuk seluruhnya, saya ucapkan terima kasih," kata Fernando Arandiga ketika ditemui bersama Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal usai perhelatan balap internasional di Sirkuit Mandalika, Minggu.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal yang memperoleh apresiasi menjelaskan bahwa suksesnya perhelatan besar ini terlaksana berkat persiapan yang matang.

Baca juga: Dorna dorong lebih banyak talenta anak bangsa berkiprah di MotoGP

"Kunci sukses dari acara ini karena persiapannya yang matang. Tiga bulan kami persiapkan semua ini bersama seluruh 'stakeholder', baik itu dengan TNI, Polri, dan instansi pemerintah. Jadi semua sudah siap dan tahu apa yang harus dilakukan karena persiapan yang matang," kata Mohammad Iqbal.

Bahkan dalam rencana awalnya, ujar dia, pengamanan lapis pertama dan kedua yang berada di dalam areal Sirkuit Mandalika dan menjadi kewenangan pihak penyelenggara, pada akhirnya Polri ikut membantu.

"Karena awalnya polisi tidak masuk ke 'ring' satu pengamanan, tetapi mereka butuh bantuan sehingga kami masuk dan syukur alhamdulillah hingga akhir acara tidak ada satu pun gangguan keamanan yang membuat gaduh," ujarnya.

Baca juga: Kedatangan Dorna Sports dinilai pacu percepatan Sirkuit Mandalika

Iqbal menyampaikan bahwa dukungan seluruh elemen masyarakat tidak lepas dari suksesnya acara ini. Salah satu tolok ukurnya dilihat dari imbauan yang  disampaikan sebelumnya kepada masyarakat, khususnya penonton untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi ketika menuju Sirkuit Mandalika.

"Terbukti pada hari ketiga ini, tidak ada kemacetan yang berarti. Dari yang kami lihat, yang ada hanya mobil pembawa tamu VIP, pekerja, ofisial, dan pebalap atau orang yang berhubungan dengan pebalap," ucap Iqbal.

Baca juga: Dorna Sports cek fasilitas Bandara Lombok jelang MotoGP 2021

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Dorna Sports tinjau pembangunan Sirkuit Mandalika

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar