Liga Inggris

Naik turun nasib Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United

Naik turun nasib Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer setelah pertandingan melawan Watford di Vicarage Road, Watford, Inggris, 20 November 2021. (REUTERS/DAVID KLEIN)

Jakarta (ANTARA) - Manchester United memecat manajer Ole Gunnar Solskjaer pada Minggu sehari setelah klub ini menelan kekalahan kelima dalam tujuh pertandingan Liga Premier yang membuat klub Old Trafford terjengkang ke urutan ketujuh klasemen liga.

Berikut fakta pasang surut pelatih asal Norwegia itu selama bersama Setan Merah seperti dikutip Reuters:

NAIK:

19 Desember 2018

Ditunjuk sebagai manajer sementara United menggantikan Jose Mourinho sampai sisa musim yang menjadi reuni dengan klub di mana saat menjadi pemain dia memenangkan enam gelar juara liga dan Liga Champions.

22 Desember 2018

Membawa United mencatat kemenangan 5-1 atas beka klubnya Cardiff City dalam pertandingan pertamanya sebagai pelatih. Untuk pertama kalinya pula United mencetak lima gol atau lebih dalam pertandingan Liga Premier sejak Mei 2013.

13 Januari 2019

Menjadi manajer United pertama yang memenangkan lima pertandingan liga pertamanya sejak Matt Busby pada 1946.

9 Februari 2019

Mengumpulkan 25 poin Liga Premier setelah melatih tim ini pada Desember (8 menang, 1 seri). Ini pencapaian tertinggi dibandingkan manajer-manajer lain yang berhasil dalam sembilan pertandingan pertamanya sebagai pelatih klub dalam kompetisi ini.

28 Februari 2019

Membawa United menang 3-1 di kandang Crystal Palace untuk mencetak rekor klub dengan delapan kemenangan tandang berturut-turut dalam semua kompetisi.

6 Maret 2019

Membawa United menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Eropa yang lolos setelah kalah pada leg pertama di kandang dengan selisih dua gol atau lebih, setelah mengalahkan Paris Saint Germain 3-1 pada leg kedua babak 16 besar setelah kalah 0-2 pada leg pertama.

28 Maret 2019

Diganjar kontrak permanen tiga tahun setelah membimbing United meraih 14 kemenangan dalam 19 pertandingan pada semua kompetisi.

26 Juli 2020

United finis urutan ketiga di liga yang merupakan kedua kalinya klub Old Trafford finis tiga besar sejak Ferguson pensiun pada Mei 2013.

2 Februari 2021

United mencetak sembilan gol yang menyamai rekor sebelumnya ketika menang 9-0 atas Southampton. Skor sebesar ini hanya terjadi tiga kali dalam sejarah Liga Premier.

9 Mei 2021

United menempati posisi kedua di liga.

Juli 2021

Menghabiskan total 140 juta euro untuk mendatangkan Raphael Varane, Jadon Sancho dan Cristiano Ronaldo selama jendela transfer musim panas dalam upaya menghidupkan kembali peruntungan klub guna menjuarai liga.

Baca juga: Solskjaer mengaku masih didukung direksi dan pemain
Baca juga: Usai dipermalukan Watford, Solskjaer masih optimis balikan situasi MU


TURUN:

12 Februari 2019

Menelan kekalahan pertamanya sebagai manajer United ketika Setan Merah menyerah 0-2 di kandang sendiri melawan Paris St Germain dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions.

17 Agustus 2020

Kalah melawan Sevilla dalam semifinal Liga Europa merupakan ketiga kalinya United tersingkir dari semifinal turnamen musim itu setelah tersingkir juga dalam babak yang sama pa Piala Liga dan Piala FA.

4 Oktober 2020

United kalah 1-6 di kandang sendiri melawan Tottenham Hotspur. Ini merupakan kekalahan terberat mereka di liga, yang disebut Solskjaer sebagai "hari terburuk" dalam karir manajerialnya.

8 Desember 2020

United tersingkir dari Liga Champions sejak babak penyisihan grup sehingga turun kasta ke Liga Europa meski menang dalam leg pertama melawan PSG dan RB Leipzig.

26 Mei 2021

Kalah dalam final Liga Europa melawan Villarreal melalui adu penalti sehingga untuk kesekian kalinya dia kehilangan kesempatan memenangkan trofi pertamanya sebagai manajer United.

24 Oktober 2021

Dihancurkan 0-5 oleh Liverpool yang merupakan hasil terburuk klub melawan musuh bebuyutan mereka di Merseyside sejak 1925.

Solskjaer melukiskan kekalahan ini sebagai "hari tergelapnya" sebagai manajer United.

6 November 2021

United kalah 0-2 dari Manchester City yang merupakan kekalahan kandang kedua berturut-turut setelah dihajar Liverpool.

20 November 2021

United takluk 1-4 kepada i Watford yang berada tepat di atas zona degradasi. Ini merupakan kekalahan kelima MU dalam tujuh pertandingan terakhir. Solskjaer dipecat kurang dari 24 jam setelah laga ini.

Baca juga: Manchester United pecat Ole Gunnar Solskjaer
Baca juga: Rio Ferdinand: sudah saatnya Solskjaer tinggalkan Manchester United
Baca juga: Cristiano Ronaldo dikabarkan ingin Zidane jadi pelatih Man United

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar