Perancang kostum pemenang Oscar Emi Wada tutup usia

Perancang kostum pemenang Oscar Emi Wada tutup usia

Arsip Foto - Perancang kostum film pemenang Oscar Emi Wada (kiri) dan aktris Hong Kong Cecilia Yip memberikan penghargaan di Hong Kong Film Awards, Sabtu (8/4/2006). ANTARA/REUTERS/Paul Yeung/am.

Jakarta (ANTARA) - Perancang kostum asal Jepang, Emi Wada, yang memenangi piala Oscar untuk karyanya di film "Ran" karya Akira Kurosawa (1985) tutup usia pada umur 84 tahun, Minggu (21/11).

Untuk film itu, pemilik nama asli Emiko itu membuat kostum dengan menenun benang yang dia warnani sendiri agar sesuai dengan cerita yang diangkat dalam "Ran".

Dikutip dari Reuters, Wada meninggal pada 13 November dan pemakaman dihadiri oleh keluarga dan teman dekat. Tidak disebutkan penyebab kematiannya.

Lahir di Kyoto, Wada mulai bekerja saat masih sekolah di Kyoto City University of Arts. Dia juga merancang kostum-kostum untuk teater dan para penari.

Selain bekerja bersama Kurosawa, Wada membuat kostum untuk banyak film internasional termasuk "Prospero's Books" (1991) dari Peter Greenaway dan "Hero" (2002) serta "House of Flying Daggers" (2004) dari Zhang Yimou.

Ketika usianya mencapai 80 tahun, dia masih aktif bekerja membuat kostum untuk "Love After Love" Ann Hui yang tayang perdana di Festival Film Internasional Venesia 2020.

Baca juga: Dunia fesyen lepas kepergian legenda Oscar de la Renta

Baca juga: Perancang busana se-Indonesia gelar Wastra Nusantara di Bali

Baca juga: NY Fashion Week dibuka dengan koleksi Badgley Mischka & Tadashi Shoji

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar