Merayakan Semangat Kartini Menuju Indonesia Mandiri dan Bermartabat untuk Pertiwi dan Generasi Penerus Bangsa

     Jakarta, 12/4 (ANTARA) -  Semenjak beberapa tahun belakangan ini terjadi perubahan pola hidup yang sangat signifikan diantara penduduk Indonesia, khususnya yang berlokasi di kota besar, dengan meningkatnya perhatian masyarakat pada lingkungan hidup,keberlangsungan bumi, sampai dengan gaya hidup sehat.

     Walaupun bukan hal baru, bersepeda untuk masyarakat terutama Jakarta dan kota-kota besar lainnya telah berubah dari sekedar hobby menjadi moda transportasi alternative yang semakin banyak diminati, hal ini dibuktikan dengan maraknya kegiatan bersepeda dimana-mana sampai pada menjamurnya club dan komunitas yang mewadahi para pesepeda dengan keunikan, gaya dan idologis, serta visi dan misinya masing-masing, akan tetapi dari maraknya dunia pesepedaan saat ini sebagian besar penggunanya adalah laki-laki, sedikit sekali dapat ditemui pesepeda perempuan.

     Hari ini, Ketua Umum B2W-Indonesia, Toto Sugito didukung oleh Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga membuka acara Srikandi B2W Gowes Jakarta - Jepara dengan membawa tema "Merayakan Semangat Kartini Menuju Perempuan Indonesia Mandiri dan Bermartabat untuk Pertiwi dan Generasi Penerus Bangsa" akan melaksanakan perjalanan touring bersepeda dari Jakarta menuju Jepara selama 8 (delapan) hari, melewati 2 propinsi dengan 15 kota. Direncanakan tim 10 orang Srikandi ini akan dilepas oleh Ibu Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Bapak Menteri Negara Pemuda dan Olahraga di depan kantor Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlidungan Anak di Jl. Medan Merdeka Barat No. 15 pada 13 April 2011 jam 07:00 pagi.

     "Dahulu sekali panggilan Srikandi ini kami persembahkan bagi para anggota perempuan untuk menghargai keberanian dan semangat mereka menjadi bagian dari gerakan moral bersepeda di Indonesia, dan sebutan itu terus melekat sampai saat ini, dan telah menjadi suatu kebanggaan tersendiri diantara anggota Bike2Work. Kami percaya dengan perayaan semangat Kartini seperti ini para Srikandi dapat menyebarkan semangat yang sama kepada seluruh perempuan di bumi pertiwi. Dan kami harapkan kegiatan serupa menjadi rutin setiap tahun." Ungkap Toto Sugito, Ketua Umum B2W Indonesia yang juga Ketua Tim Pelaksanaan kegiatan Srikandi Bike2Work Gowes Jakarta - Jepara.

     Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak "Peranan perempuan dalam menciptakan generasi penerus bangsa adalah crucial. Sangat penting bagi bangsa ini untuk memiliki perempuan-perempuan mandiri, tangguh dengan tetap memegang nilai-nilai tradisional. Misi yang dibawa oleh tim Srikandi dari Jakarta menuju Jepara ini sangatlah positif, mencitrakan model perempuan modern yang selain sehat juga perduli pada masa depan lingungan dan generasi penerus" ujar Linda Gumelar saat di temui di kantornya.

     "Dengan tujuan merayakan semangat RA Kartini sekaligus membawa isu-isu terkini, disepanjang perjalanan para 10 Srikandi ini akan membawakan suara kemandirian sekaligus kepedulian kepada generasi penerus bangsa, ini adalah semangat positif pemuda demi generasi yang jauh lebih muda lagi. Kami mendukung penuh kegiatan positif dengan semangat seperti ini," ungkap Andi Malarangeng di Jakarta.

     "Kami berterima kasih atas dukungan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan juga Kementerian Pemuda dan Olah Raga dalam kegiatan ini, kita semua menyadari betapa penting bagi perempuan Indonesia, ibu para penerus bangsa, untuk menjadi perempuan-perempuan mandiri bermoral positif sebagai tonggak kokoh dari karakter Bangsa Indonesia yang bermartabat sekaligus harmoni terhadap alam" tandas Toto Sugito.

     Glenn Salmon, pelatih sekaligus pendamping tim Srikandi semenjak awal latihan mengutarakan mengenai rute dan rencana perjalanan yang ditempuh dari tanggal 13 April sampai 20 April nanti "Sementara pelatihan-petihan fisik sampai dengan keterampilan terus dilaksanakan semenjak 2 (dua) bulan yang lalu. Kesepuluh Srikandi yang akan berangkat bersepeda menuju Jepara pada tanggal 13 April nanti ini merupakan gabungan dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Jadi ini adalah tim yang sangat menarik, tidak ada atlete, benar-benar kumpulan perempuan biasa yang bergabung demi impian dan cita-cita yang sama" ujarnya.

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi: Tense Manalu B2W-Indonesia, Email: tensemanalu@b2w-indonesia.or.id Hp: 085810262367 dan Lucy Iskandar B2W-Indonesia, Email: lucy@b2w-indonesia.or.id Hp: 08561588616

 


 

Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011