Kemenkominfo gelar kegiatan "Literasi Digital Netizen Fair" di Kupang

Kemenkominfo gelar kegiatan "Literasi Digital Netizen Fair" di Kupang

Wali Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (kedua dari kiri) saat menerima tim literadi digital Kementerian Kominfo di Kupang, Senin. (ANTARA/ HO-Prokompim Kota Kupang)

Kaum muda bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya terkait budaya digital
Kupang (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI mengelar kegiatan "Literasi Digital Netizen Fair" (LDNF) pada 23-24 November 2021 yang melibatkan 1.500 peserta di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Pemerintah Kota Kupang mendukung penuh kegiatan LDNF yang dilakukan Kemenkominfo guna meningkatkan kemampuan kaum muda dalam budaya digital," kata Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore saat menerima kunjungan tim Literasi Digital Kementerian Kominfo di Kupang, Senin.

Kementerian Kominfo akan menyelenggarakan kegiatan Literasi Digital Netizen Fair (LDNF) selama dua hari di Kota Kupang diikuti 1.500 peserta terdiri dari 500 peserta mengikuti secara offline dan 1.000 orang peserta secara daring.

Jefri yang didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kupang, Ariantje Baun, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kupang, Wildrian R. Otta, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Kupang, Ernest Ludji mengatakan kegiatan itu sangat strategis karena memiliki manfaat bagi peningkatan kemampuan kaum muda dalam dunia digital.

Baca juga: Kominfo gandeng Ruangguru untuk program literasi digital

Baca juga: Literasi digital masyarakat masih perlu ditingkatkan


"Pemerintah Kota Kupang sangat mendukung kegiatan ini sehingga masyarakat Kota Kupang terutama kaum muda bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya terkait budaya digital," tegas Jefri.

Menurut dia perlu promosi yang gencar tentang kegiatan ini lewat konten-konten menarik sehingga semakin banyak pihak yang terlibat.

Sementara itu, Ketua tim literasi digital Kominfo, Mahendra Pratama dalam pertemuan tersebut menjelaskan sepanjang tahun 2021 Kementerian Kominfo tengah menjalankan program nasional literasi digital sebagai salah satu upaya untuk mempercepat terwujudnya transformasi digital.

Ia mengatakan, melalui berbagai kegiatan literasi digital tersebut, Kementerian Kominfo berkolaborasi dan bekerja sama dengan mitra atau jejaring gerakan nasional literasi digital siberkreasi secara masif dan meluas di 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota.

Dia menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi digital serta mengembangkan dan meningkatkan keterampilan masyarakat pada dunia digital.

"Kegiatan berlangsung pada 23-24 November mendatang. Puncak acara literasi digital yaitu Netizen Fair 2021 dilakukan secara serentak dan hybrid di berbagai kota di Indonesia," tegasnya.

Ia menjelaskan target peserta 1.500 orang terdiri dari 500 orang yang hadir secara offline dan 1.000 orang secara online setiap hari.

Peserta kegiatan berasal dari masyarakat umum, pelaku UMKM, ASN, tenaga pendidik, pelajar, mahasiswa, pemandu wisata dan budaya serta komunitas.

Baca juga: Kominfo: Masyarakat berperan dalam akselerasi transformasi digital

Baca juga: Kominfo dorong kolaborasi bersama masyarakat ikut literasi digital

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG Ternate: Gempa M7,4 tidak terasa di Malut

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar