Padang (ANTARA) - Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar Kongres dengan agenda pemilihan Ketua Umum dan Exco PSSI Sumbar 2021-2025 yang akan digelar 27 November 2021 di salah satu hotel di Kota Padang.

Ketua Pemilihan Yulius Dede di Padang, Senin mengatakan rangkaian kegiatan menuju kongres sudah sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, mulai dari pengumuman, pendaftaran, pengembalian berkas dan pemeriksaan kelengkapan oleh PSSI Sumbar.

"Pada 29 Oktober - 6 November merupakan tahap pengembalian formulir bakal calon dan dari formulir yang dikembalikan terdapat hanya satu bakal calon ketua umum yakni Indra Dt Rajo Lelo," kata dia.

Baca juga: PSSI Sumbar tunjuk Batang Anai dan PSP tuan rumah Babak 8 Besar Liga 3

Sementara untuk posisi Wakil Ketua diusulkan voter ada dua yakni Suhatri Bur dan Hendra Dupa namun ketika dilakukan pemeriksaan kelengkapan Hendra Dupa dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Hal ini membuat Suhatri Bur menjadi calon wakil ketua Asprov PSSI Sumbar.

“Kongres ini hanya memiliki satu agenda ini dan terlihat Askot/Askab PSSI Masih mempercayakan ketua kepada Indra Dt Rajo Lelo,” kata dia.

Persaingan yang hangat justru terjadi di Executive Comitte (Exco) PSSI Sumbar karena dari tujuh posisi yang ada jumlah calon yang mendaftar sebanyak 11 orang.

Baca juga: PSSI Sumbar: empat tim ajukan tuan rumah delapan besar Liga 3 Sumbar

Ia menyebutkan 11 bakal calon yang memenuhi syarat tersebut yakni Ade Sudarman, Arsil, Era Sukma Munaf, Erwin Syofyan, Faisal Budiman, Harris Hidayat, Marsanova Andesra, Oskar, Renol Fadli, Rudi Hariansyah dan Zufrinaldi.

Dalam kongres nanti ada sebanyak 54 pemilih pasti dari klub dan 19 Asosiasi PSSI kabupaten/kota.

“Mereka akan memilih exco nantinya, setiap tim berhak memilih tujuh calon exco,” kata dia.

Ia mengapresiasi banyak tokoh yang ingin terlibat dalam sepak bola dan ini merupakan hawa segar bagi sepak bola sumbar.

“Kita senang sekali banyak pihak yang ingin ikut terlibat membangun sepak bola Sumbar, kata dia.

Baca juga: PSSI Sumbar klaim pelaksanaan Liga 3 berjalan sesuai regulasi

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021