Industri yang akan masuk antre ternyata, ini saya kaget. Kita coba dulu, antre
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sudah banyak pelaku industri berminat untuk berinvestasi di Green Industrial Park (Kawasan Industri Hijau) Kalimantan Utara, yang pembangunannya akan dimulai pada Desember 2021.

“Industri yang akan masuk antre ternyata, ini saya kaget. Kita coba dulu, antre,” kata Presiden Jokowi saat membuka The 10th Indonesia Ebtke Conex 2021 di Istana Negara, Jakarta, Senin,.

Presiden Jokowi mengatakan Green Industrial Park Kaltara yang mengandalkan sumber daya energi dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Sungai Kayan merupakan percobaan pengembangan energi hijau oleh pemerintah untuk mewujudkan transisi energi dari sumber daya fosil ke Energi Baru Terbarukan (EBT). PLTA tersebut akan menghasilkan energi hingga 13 ribu Mega Watt (MW).

Selain di Sungai Kahyan, pemerintah juga akan mencoba mengembangkan EBT dari sumber daya energi di Sungai Mamberamo, Papua.

“Saya sampaikan ke Pak Menteri Koordinator, coba dua, sungai Kayan, Sungai Mamberamo. Sungai Kahyan sudah dihitung kira kira bisa 13.000 MW, Mamberamo bisa kira kira 24.000 MW. Oke, carikan investor yang bisa masuk ke sana,” kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi: RI akan bangun Green Industrial Park pertama di dunia

Presiden menyebut para investor sudah berebut agar produk yang dihasilkan dapat dicap sebagai green product (produk hijau). Hal itu karena saat ini dan ke depannya, nilai produk menggunakan energi hijau akan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan saat menggunakan energi fosil.

“Kalau (percobaan transisi energi) ini jalan, mungkin skenarionya akan lebih mudah. Tapi kalau ini nggak jalan, kalau kita mengharapkan global mau gratisan juga nggak mungkin mereka mau memberikan nombokin ,” kata Presiden Jokowi.

Pemerintah, ujar Presiden, telah melakukan pertemuan dengan Bank Dunia maupun investor Inggris saat pertemuan KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia, beberapa waktu lalu. Pemerintah saat ini sedang mencari skema dan menyusun perhitungan yang matang untuk mempersiapkan transisi energi dari sumber daya fosil ke EBT.

“Pertanyaannya pasti ke sana (transisi energi), siapa yang menanggung itu (pembiayaan transisi energi) Saya minta bapak ibu sekalian coba bersama membuat skenario transisi energi. Lebih cepat lebih baik. Akan tetapi hitung-hitungan lapangan harus dikalkulasikan secara lebih detail,” ujarnya.

Presiden menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri ESDM Arifin Tasrif, dan Menteri BUMN Erick Thohir, untuk membuat skema konkret dalam transisi energi, terutama mengenai sumber pembiayaan..

"Yang konkret-konkret saja, tapi kalkulasinya riil, hitungan angkanya riil. Kalau bisa transisi, pasti ada harga naik. Ini siapa yang bertanggung jawab, pemerintah atau masyarakat atau masyarakat global, mau mereka nombokin negara ini?" ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi minta jajarannya cari skema biayai transisi energi
 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021