Jakarta (ANTARA) - Gelandang Barcelona, ​​Pedri telah resmi dipilih sebagai pemenang penghargaan Golden Boy 2021. Pengumuman pemenang tersebut langsung dirilis oleh media Italia, Tuttosport pada Senin.

Golden Boy adalah penghargaan yang diberikan oleh jurnalis olahraga kepada pesepak bola muda yang bermain di Eropa dengan performa paling mengesankan selama satu tahun kalender. Penghargaan ini awalnya diinisiasi Tuttosport pada 2003.

Media lain di Eropa kemudian turut berpartisipasi dalam pemungutan suara, termasuk Bild (Jerman), Blick (Swiss), A Bola (Portugal), l'Équipe (Prancis), France Football (Prancis), Marca ( Spanyol), Mundo Deportivo (Spanyol), Ta Nea (Yunani), Sport Express (Rusia), De Telegraaf (Belanda) dan The Times (Inggris Raya). 

Penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland adalah pemenang penghargaan tersebut tahun lalu.
 
Meski masih remaja, karier Pedri meroket tahun ini setelah membuat 52 penampilan di semua kompetisi untuk Barcelona dan memainkan peran kunci dalam perjalanan mereka meraih trofi Copa del Rey.

"Saya berterima kasih kepada Tuttosport atas trofi ini yang membuat saya bangga. Terima kasih juga kepada semua anggota juri dan penggemar yang selalu mendukung saya di tahun 2021 yang luar biasa ini," kata pemain yang baru menginjak umur 19 tahun pekan ini kepada Tuttosport.

"Tentu saja, saya banyak terima kasih kepada Barca, tim nasional, keluarga, teman-teman saya dan tentu saja kepada semua orang yang dekat dengan saya hari demi hari tanpa mereka saya tidak akan bisa memenangkan Golden Boy," sambungnya. 

Baca juga: Barcelona resmi perpanjang kontrak Pedri hingga 2026 

Selain di tingkat klub, Pedri juga menjalani tahun yang luar biasa di level internasional setelah memenangkan penghargaan Pemain Muda Terbaik di Piala Eropa (Euro) berkat penampilannya untuk timnas Spanyol.

Pedri mengalahkan gelandang Dortumund, Jude Bellingham di peringkat kedua pemungutan suara terakhir untuk Golden Boy.

Jamal Musala dari Bayern Muenchen berada di urutan ketiga dalam pemungutan suara tersebut. Sedangkan posisi keempat dan kelima ditempati oleh Florian Wirtz dari Bayer Leverkusen dan rekan setimnya di Barca, Gavi. 

Baca juga: Spanyol tidak panggil Thiago dan Pedri jelang kualifikasi Piala Dunia 
Baca juga: Barcelona mulai era Xavi dengan kemenangan tipis 1-0 atas Espanyol 

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021