Kami kembali menggunakan KRI Teluk Banten-516 yang mana lokasi vaksinnya di atas KRI ketika kapal bersandar di Dermaga Peti Kemas, Kecamatan Alor Barat Daya.
Kupang (ANTARA) - Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) VII Kupang kembali melakukan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat maritim di Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur, yang merupakan pulau terluar yang berbatasan dengan Timor Leste.

"Kami kembali menggunakan KRI Teluk Banten-516 yang mana lokasi vaksinnya di atas KRI ketika kapal bersandar di Dermaga Peti Kemas, Kecamatan Alor Barat Daya," kata Kepala Dinas Kesehatan Lantamal VII Letkol Laut (K) M. Haris Bennu dari Alor, Selasa.

Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 itu ujar dia, melibatkan vaksinator dari Diskes Lantamal VII, RSAL Samuel J. Moeda Kupang, Puskesmas Moru, tim kesehatan Polres Alor, serta Babinsa dan Babinpotmar di kabupaten itu.

Baca juga: Terus berlanjut, Pemerintah Aceh terus gencarkan vaksinasi massal

Heru menyebutkan dalam vaksinasi itu ada sekitar 388 masyarakat di Alor yang divaksinasi COVID-19, yang mana pelaksanaannya untuk mempercepat capaian vaksinasi NTT.

"Rinciannya dari 388 orang yang divaksin ada 380 orang yang menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama. Sementara sisanya berjumlah delapan orang menerima vaksin kedua," tambah dia.

Sebelumnya dengan menggunakan KRI yang sama Lantamal VII Kupang juga sudah melakukan serbuan vaksinasi masyarakat maririm di pulau terselatan NKRI di Rote Ndao, kemudian juga salah satu kabupaten terluar yakni Sabu Raijua, kemudian yang terakhir di pulau Sumba.

Baca juga: Jubir sebut angka kematian akibat COVID-19 terus menurun

Sementara itu Danlantamal VII Kupang Laksma TNI IG. Kompiang Aribawa menyampaikan dengan serbuan vaksinasi COVID-19 ini, masyarakat di Pulau Alor punya kekebalan tubuh yang dapat meminimalisir dampak buruk dari infeksi COVID-19.

Selain itu, pelaksanaan serbuan vaksin ke pulau-pulau di NTT ini merupakan wujud kepedulian TNI Angkatan Laut dalam membantu pemerintah daerah untuk mempercepat cakupan vaksinasi di kabupaten-kabupaten yang cakupan vaksinasinya masih rendah.

"Kegiatan serbuan vaksin ini selaras dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, agar jajaran TNI AL melaksanakan serbuan vaksinasi untuk masyarakat pesisir dan kepulauan dengan menggunakan sarana-prasarana yang dimiliki TNI Angkatan Laut," tambah dia.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021