Satgas: Kapasitas tempat ibadah di zona merah dibatasi 25 persen

Satgas: Kapasitas tempat ibadah di zona merah dibatasi 25 persen

Tangkapan layar Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat menyampaikan keterangan pers Perkembangan Penanganan COVID-19 yang diikuti dari Jakarta melalui YouTube BNPB, Selasa (23/11/2021). (ANTARA/Andi Firdaus).

penyesuaian yang dilakukan pemerintah merupakan upaya untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi COVID-19 terkini
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan kapasitas tempat ibadah di zona merah COVID-19 luar Pulau Jawa-Bali dibatasi maksimal 25 persen.

"Untuk tempat ibadah yang berlokasi di zona hijau dan kuning dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 75 persen dan zona oranye dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen," kata Wiku Adisasmito dalam konferensi pers Perkembangan Penanganan COVID-19 yang diikuti di Jakarta melalui YouTube BNPB, Selasa sore.

Baca juga: Satgas catat peningkatan mobilitas masyarakat dan angka penularan

Wiku mengatakan ketentuan tersebut tercantum dalam penyesuaian Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru Nomor 61 tahun 2021.

Inmendagri tersebut, kata Wiku, berlaku mulai 23 November hingga 6 Desember 2021 di luar Pulau Jawa dan Bali.

Baca juga: Wiku ingatkan WSBK Mandalika taati prokes dengan ketat

Untuk detail zonasi PPKM terbaru dapat diakses oleh masyarakat pada "dashboard" publik resmi milik Satgas COVID-19 di laman covid-19.co.id di bagian sebaran peta risiko.

Sebagai tambahan, kata Wiku, pemerintah daerah dapat memeriksa penyesuaian berbagai sektor lainnya sesuai dengan Inmendagri Nomor 61 tahun 2021.

Baca juga: Satgas COVID-19: ASN, TNI-Polri, BUMN-swasta dilarang cuti akhir tahun

"Pemerintah daerah wajib segera melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Penting untuk diingat penyesuaian yang dilakukan pemerintah merupakan upaya untuk beradaptasi dengan kondisi pandemi COVID-19 terkini," katanya.

Selain itu, pemerintah terus mengedepankan prinsip kehati-hatian dalam implementasi kebijakan PPKM dengan terus memantau dan juga mengevaluasi capaian kebijakan.

Baca juga: Satgas: Meningkat jumlah negara yang alami lonjakan jelang akhir tahun

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bali di PPKM level 2, Denpasar lakukan pembatasan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar