Jakarta (ANTARA) - Klub basket Hangtuah Jakarta kembali berlatih di markasnya di daerah Bango Jakarta Selatan dan menyatakan cukup percaya diri menghadapi ketatnya persaingan dan kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) musim 2022.

“Dengan pertimbangan sudah meredanya pandemi dan meratanya vaksin , manajemen memutuskan tim akan kembali berlatih di Bango,” kata Komisaris Utama Hangtuah Jakarta, Muhammad Kerry Adrianto Riza dalam keterangan resminya, Selasa.

Pada IBL musim 2021, Hangtuah Jakarta dikenal sebagai salah satu tim "musafir" atau selalu pindah tempat. Hal itu dianggap menjadi salah satu handicap yang membuat performa Kelly Purwanto dkk pada IBL tahun ini tidak maksimal. Mereka berada di posisi ke-11 dari 12 tim peserta.

“Tentunya hasil musim lalu menjadi evaluasi hingga akhirnya kami kembali berlatih di Bango. Berbeda dengan lapangan tempat tim berlatih musim lalu, fasilitas latihan di markas kami terbilang komplet. Lantai lapangan latihan kami pun berstandar internasional,” kata Kerry Riza menambahkan.

Sebagai home base, tempat latihan Hangtuah Jakarta bisa dikatakan lebih unggul dibandingkan sejumlah peserta IBL lainnya. Selain punya lapangan latihan sendiri, fasilitas yang ada juga mumpuni. Selain lantai lapangan yang memenuhi standar FIBA, markas Hangtuah tersebut juga dilengkapi kamar ganti, sejumlah papan dan ring basket, serta bersifat tertutup sehingga latihan tetap bisa berlangsung meski cuaca buruk.

“Perhatian manajemen juga begitu baik. Ketika saya bergabung dengan klub ini, saya mendapat perlakuan yang lebih baik saat latihan, di antaranya ketersediaan buah-buahan dan nutrisi pelengkap jika kami seusai berlatih,” kata I Putu Yudi Antara atau akrab disapa Onge yang musim lalu membela Bali United.

“Lapangan latihan Hangtuah juga lengkap dan kami bisa berlatih small game karena ketersediaan sejumlah ring,” tambah rookie Saddam Asyruna.

Pada IBL 2022, Hangtuah mematok target tinggi yakni masuk lima besar. Segala persiapan terus dilakukan termasuk menggaet pelatih AF Rinaldo. Selain itu juga menggaet kembali pemain asing LaQuavius Cotton.

Sementara itu, di IBL 2022, Hangtuah tergabung di Divisi Putih bersama Pelita Jaya Jakarta, Dewa United Surabaya, Prawira Bandung, Bali United Basketball, NSH Mountain Gold Timika, Rans PIK Basketball, dan EVOS Bogor Basketball. Kompetisi tertinggi bola basket nasional ini akan digelar di Hall Basket Senayan mulai 13 Januari 2022.


Baca juga: Hangtuah Jakarta optimistis dengan hasil undian IBL 2022
Baca juga: IBL umumkan hasil undian divisi musim 2022
Baca juga: Hangtuah Jakarta berambisi tembus lima besar klasemen IBL 2022

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021