Berbagai upaya untuk menggenjot program vaksinasi di wilayah ini terus dilakukan
Purbalingga (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah meminta kepada seluruh warga di wilayah setempat untuk  memperkuat protokol kesehatan meskipun terdapat tren penurunan kasus COVID-19.

"Kami mengingatkan masyarakat agar jangan euforia dengan penurunan kasus COVID-19 dan tetap memperkuat protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu.

Dia mengatakan, meski terjadi penurunan kasus di wilayah ini dalam beberapa waktu belakangan namun pihaknya mengajak warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

"Selain itu, kami dari Pemkab Purbalingga juga tidak ingin larut dalam euforia sehingga kami terus melakukan upaya dalam rangka menekan penyebaran COVID-19," katanya.

Dia menambahkan bahwa pihaknya juga terus meningkatkan capaian vaksinasi di Kabupaten Purbalingga agar segera mencapai target kekebalan kelompok.

"Berbagai upaya untuk menggenjot program vaksinasi di wilayah ini terus dilakukan, terlebih lagi menjelang libur Natal dan Tahun Baru guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19 seiring peningkatan mobilitas masyarakat. Kami terus mengejar target capaian vaksinasi COVID-19 guna mengantisipasi lonjakan kasus," katanya.

Pihaknya, kata dia, juga terus memperkuat sinergi dengan sejumlah pihak terkait termasuk juga dengan TNI, Polri dan juga pihak lainnya.

"Kami juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat terkait dengan ketersediaan vaksin agar dapat selalu terpantau stok vaksin di wilayah Purbalingga," katanya.

Sementara itu, dia juga menginformasikan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat hingga saat ini sebanyak 58,10 persen dari target sasaran.

"Berdasarkan data terbaru, capaian vaksinasi di Purbalingga sebanyak 452.491 orang atau sudah 58,10 persen dari target 778.743 sasaran vaksinasi di wilayah ini," katanya.

Dia menambahkan bahwa pada saat ini pihaknya juga terus berupaya mempercepat peningkatan vaksinasi bagi kelompok lansia.

"Total vaksinasi bagi kelompok lansia sebanyak 41.142 orang atau telah mencapai 41,61 persen dari target 98.887 sasaran lansia di wilayah ini," katanya.

Pihaknya, kata dia, juga masih terus berupaya agar jumlah total lansia yang mendapatkan vaksinasi terus meningkat dalam beberapa hari ke depan.
Baca juga: Dinkes: Kasus aktif di Purbalingga tersisa 16 orang
Baca juga: Pemkab Purbalingga upayakan percepatan program vaksinasi COVID-19
Baca juga: Pemkab: Capaian vaksinasi di Purbalingga mendekati 50 persen

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021