Jakarta (ANTARA) - Puncak Hari Belanja Online Nasional akan jatuh pada 12 Desember mendatang, pasar dalam jaringan biasanya memberikan potongan harga atau promosi besar-besaran lainnya.

Harbolnas seringkali menjadi ajang berburu kebutuhan dengan harga semurah mungkin dan mendapat berbagai keuntungan lainnya seperti gratis ongkos kirim sampai hadiah.

Agregator e-commerce Shopback, dikutip dari siaran pers, melihat ada peningkatan pesanan yang tinggi untuk produk kecantikan dan perjalanan pada festival belanja bulan ini.

Berdasarkan survei mereka di media sosial,a da 10 kiat agar belanja online maksimal saat Harbolnas.

Baca juga: Google Indonesia ungkap kebiasaan online yang membahayakan

1. Mencoba produk baru
Warganet yang mengikuti survei Shopback menggunakan promosi besar-besaran saat Harbolnas untuk mencoba produk baru, seperti makanan atau merk produk yang belum pernah mereka gunakan.

Berkat diskon atau promosi Harbolnas, produk-produk itu bisa didapatkan dengan harga yang termurah. Jika tidak cocok, mereka menganggap setidaknya biaya yang keluar tidak begitu besar.

2. Pahami harga normal dan offline
Salah satu kiat mendapatkan harga terbaik saat Harbolnas adalah memperhatikan harga produk di toko fisik (offline) dan toko daring. Setelah itu, bandingkan harga normal dan harga ketika masa promosi.

Dengan demikian, konsumen bisa memutuskan kapan dan di mana belanja yang tepat.

3. Gratis ongkos kirim
Promosi gratis ongkos kirim atau ongkir menjadi salah satu yang diincar saat Harbolnas. Dengan cara tertentu, gratis ongkos kirim ini akan menjadi lebih menguntungkan.

Ketika berbelanja di satu toko, promosi gratis ongkos kirim biasanya memiliki bobot yang terbatas. Jika volume belanjaan sudah melebihi jatah gratis ongkir, pisah belanjaan menjadi dua transaksi supaya bisa mendapatkan ongkos kirim gratis.

Cara lainnya, cari produk serupa di toko yang paling dekat dengan rumah dan gunakan jasa pengiriman yang memberikan potongan harga.

4. Cek harga dan ongkir
Jangan ragu membandingkan harga dan ongkos kirim dari berbagai toko, terutama yang dekat domisili.

5. Bandingkan harga toko di luar kota
Jika ingin membeli barang dari toko yang berada di luar kota, hitung total harga barang, ongkos kirim dan promosi yang ada, kemudian bandingkan dengan total harga jika belanja langsung di toko.

Dengan cara ini, konsumen bisa menentukan pilihan yang terhemat jika harus membeli barang dari luar kota.

6. Promosi makanan
Promosi Harbolnas seringkali juga berlaku untuk produk makanan. Supaya tidak boros, konsumen bisa memperhitungkan harga ketika promosi dengan biaya yang dikeluarkan jika memasak sendiri supaya bisa mendapatkan pilihan terbaik.

7. Bandingkan promosi di e-commerce
Window shopping alias hanya melihat-lihat di berbagai e-commerce juga memberikan keuntungan, pengguna bisa mengetahui harga dan promosi yang diberikan setiap pasar daring saat Harbolnas.

8. Cara pembayaran
E-commerce memberikan banyak metode pembayaran termasuk dengan kartu kredit. Apakah berbelanja dengan kartu kredit atau uang tunai, terapkan skala prioritas supaya tidak terjebak utang.

9. Kumpulkan barang incaran
Supaya belanja online terkontrol, pengguna bisa membuat daftar barang incaran atau wishlist jauh hari sebelum Harbolnas. Menjelang hari H, tinjau lagi apakah masih membutuhkan atau mengingingkan barang-barang itu.

Selain Harbolnas, pertimbangkan juga untuk membeli sejumlah barang saat masa promosi lainnya.

10. Promosi tambahan
Cari tahu apakah bisa menggunakan promosi tambahan di luar yang diberikan aplikasi e-commerce.

Baca juga: J&T Express cetak 16,5 juta pengiriman pada Harbolnas 11.11

Baca juga: Daftar e-commerce dan program Harbolnas 11.11

Baca juga: Tips aman belanja online pakai kartu perbankan

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021