Sebanyak 807.152 warga Aceh menerima dosis lengkap vaksin COVID-19

Sebanyak 807.152 warga Aceh menerima dosis lengkap vaksin COVID-19

Arsip footo - Seorang warga melakukan vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Gedung Banda Aceh Convention Hall, Kota Banda Aceh, Senin (26/7/2021). ANTARA/Khalis.

Desember 2021 nanti kita bisa di atas 50 persen
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Aceh menyebutkan sebanyak 807.152 orang penduduk provinsi paling barat Indonesia itu telah mendapatkan vaksinasi dosis COVID-19 lengkap yaitu dua kali suntikan, sebagai upaya mempercepat terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity) dari ancaman virus corona.

“Kita terus melakukan percepatan cakupan vaksinasi di seluruh kabupaten/kota, terutama daerah-daerah dengan sasaran vaksinasi yang besar,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Iman Murahman di Banda Aceh, Rabu.

Data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) Aceh, target vaksinasi Aceh sebanyak 4.028.891 orang penduduk. Dari target, vaksinasi dosis pertama telah mencapai 1.492.919 orang atau 37,1 persen, sedangkan yang telah melengkapi hingga vaksinasi dosis kedua sebanyak 807.152 orang atau 20 persen.

Sementara tenaga kesehatan yang melengkapi hingga vaksin dosis ketiga atau booster sebanyak 31.166 orang. Kata Iman, untuk vaksinasi dosis ketiga, Aceh baru memberikan khusus tenaga kesehatan, belum untuk masyarakat umum.

“Cakupan vaksinasi di Aceh terutama yang dosis pertama sudah di atas 37 persen, dan kita optimis sampai Desember 2021 nanti kita bisa di atas 50 persen capaiannya,” kata Iman.

Baca juga: Satgas: Kasus aktif COVID-19 di Aceh tersisa 33 orang
Baca juga: Pemerintah: Semua peserta Tour de Sabang wajib vaksinasi COVID-19

Saat ini, menurut Iman, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh dan kabupaten/kota terus mempercepat vaksinasi. Beberapa daerah dengan sasaran vaksinasi yang besar terus dipacu seperti Kabupaten Pidie, Bireuen, Aceh Besar, Aceh Utara dan Aceh Timur.

“Kalau mereka meningkat capaian vaksinasinya maka capaian secara Aceh juga pasti meningkat,” kata Iman.

Memang, kata Iman, cakupan vaksinasi Aceh masih jauh dari yang ditargetkan nasional untuk Aceh agar bisa mencapai 70 persen hingga akhir 2021. Oleh karenanya Aceh terus memacu percepatan vaksinasi, apalagi total dosis vaksin yang harus dicapai Aceh sebanyak 8 juta dosis.

“Sedangkan dosis vaksin yang sudah kita suntik baru 2,3 juta dosis, dan ini memang pekerjaan rumah dengan percepatan yang luar biasa di kabupaten/kota, terutama yang sasarannya besar itu, karena setiap dosis vaksin yang kita kirim langsung habis. Mudah-mudahan distribusi vaksin juga terus lancar dari pemerintah pusat,” katanya.

Baca juga: Dinkes catat 71.450 warga Aceh Barat sudah jalani vaksinasi COVID-19
Baca juga: Kabupaten Simeulue masuk zona hijau COVID-19


#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Terusik penindakan tambang ilegal, motif penyerang pospol di Aceh

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar