"Sangat kecewa dan mengutuk atas aksi pembakaran yang disengaja ini jika nanti terbukti, korban adalah saudara-saudara kita yang berdagang untuk bertahan hidup sehari-hari,"
Bukittinggi, (ANTARA) - Kebakaran Pasar Bawah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada Rabu dinihari sekitar pukul 00.45 WIB,  diduga sengaja dilakukan oleh orang tak dikenal yang berhasil diamankan pihak Kepolisian di daerah setempat.

Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Bukittinggi, Rabu menyebut pihak kepolisian mengamankan terduga orang yang terlibat dalam kasus kebakaran ini dengan barang bukti bahan bakar yang didapat dari tangannya.

"Kebakaran tadi malam, polisi sudah mengamankan satu orang yang diduga ada kaitannya, masih diduga, juga diamankan BBM jenis Pertalite dan minyak tanah, perkembangannya akan disampaikan," kata dia.

Wako mengatakan kekecewaannya dan mengutuk atas tindakan tidak terpuji yang dilakukan pelaku jika benar Pasar Bawah sengaja dibakar.

"Sangat kecewa dan mengutuk atas aksi pembakaran yang disengaja ini jika nanti terbukti, korban adalah saudara-saudara kita yang berdagang untuk bertahan hidup sehari-hari," kata Erman Safar.

Menurutnya, Pasar Bawah yang menghanguskan 25 petak kios itu dicurigai dibakar oleh orang atau pihak tidak bertanggung jawab karena api berasal dari tiga titik yang terbakar hampir bersamaan.

Ia menyebut akan melakukan langkah antisipasi untuk keamanan seluruh pasar yang ada di Bukittinggi untuk masa berikutnya.
Baca juga: Ketiga kali, Pasar Bawah Bukittinggi-Sumbar kembali terbakar
Baca juga: Kebakaran Pasar Bawah Bukittinggi hanguskan 300 kios

"Karena sudah beruntun, kita akan lakukan strategi baru mengamankan pasar di Bukittinggi, harus ada langkah antisipasi musibah ini baik karena kelalaian atau pihak tidak bertanggung jawab," kata Wako.

Ia juga menyampaikan duka mendalam atas musibah yang terjadi dan bersamaan memberikan bantuan kepada pedagang yang mengalami musibah di Air Tajungkang sebelumnya.

"Seperti penanganan musibah di Los Maco dan Pasar Aur Tajungkang, kita lakukan pendataan awal kepada seluruh korban, dibersihkan dan diperbaiki, kita turut berduka dan meminta kesabaran pedagang dalam prosesnya karena kita tidak ingin ada kesalahan dalam urusan administrasi," kata dia.

Pemkot juga menegaskan akan melakukan penyisiran di pasar-pasar yang ada di Bukittinggi untuk mengantisipasi kegiatan di luar perdagangan untuk meminimalkan potensi kebakaran dan hal lain.

Kapolsek Bukittinggi, AKP Rita Suryanti membenarkan adanya satu orang yang saat ini dilakukan penyelidikan karena diduga terkait dengan kebakaran di Pasar Bawah.

"Benar, ada satu orang yang saat ini dilakukan penyelidikan dan sudah ada di Polres Bukittinggi, statusnya masih dalam pemeriksaan," kata AKP Rita.
Baca juga: Pemkot bersihkan area kebakaran Pasar Bawah libatkan 300 ASN

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021