Wakil 50 Negara Akan Hadiri Peringatan Bencana Nuklir Chernobyl

Kiev (ANTARA News) - Para pejabat dari 50 negara akan berada di ibu kota Ukraina, Kiev, Selasa, untuk acara-acara menjelang peringatan ulang tahun ke-25 bencana nuklir Chernobyl, menurut penyelenggaranya.

"Wakil-wakil dari sekitar 50 negara, termasuk presiden dan perdana menteri, akan ikut serta dalam acara-acara itu" pada 19 April, sepekan sebelum ulang tahun bencana itu pada 26 April, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina Oleg Voloshyn pada AFP.

Di antara mereka yang akan mengambil bagian dalam acara itu adalah Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso, yang akan membuka pertemuan puncak mengenai penggunaan nuklir sipil.

Perdana Menteri Prancis Francois Fillon akan berada di antara tokoh-tokoh yang akan memimpin upaya untuk mengumpulkan 740 juta euro (sekitar 1,06 miliar dolar AS) guna membantu membayar dana bagi pembangunan kembali sebuah pelindung beton baru di atas puing tempat nuklir Chernobyl.

Penyelenggara mengatakan PM Rusia Vladimir Putin dan Presiden Kazakhstan Nursultan Nazarbayev diperkirakan juga akan mengambil bagian dalam acara peringatan itu.

Tanggal 26 April akan menandai 25 tahum sejak reaktor keempat di pusat pembangkit listrik tenaga nuklir di kota Chernobyl di Ukraina meledak, mencemari kawasan luas Eropa, dengan Ukraina, Belarus dan Rusia paling tercemari.

Peringatan itu akan terjadi di tengah kekhawatiran global pada tenaga nuklir setelah tempat pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi di bagian timurlaut Jepang lumpuh akibat gempa dan tsunami 11 Maret yang menghancurkan. (S008/K004)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Latihan militer

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar