Jakarta (ANTARA) - Personel gabungan dari Polri, TNI, dan Pemprov DKI Jakarta melaksanakan apel pasukan pengamanan di Lapangan Silang Monas Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, terkait rencana aksi unjuk rasa massa pada dua titik.

Aksi unjuk rasa akan berlangsung pada dua lokasi, yakni anggota Pemuda Pancasila di kawasan Gedung DPR/MPR Jalan Gatot Subroto dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) di Kawasan Gedung Balaikota DKI Jakarta Jalan Merdeka Selatan.

Baca juga: Ribuan personel gabungan dikerahkan kawal aksi buruh

Adapun pelaksanaan apel pasukan pengamanan dipimpin langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hengki Haryadi.

"Kapolres tadi memberikan arahan agar pelaksanaan pengamanan tetap dilakukan secara humanis," kata Kepala Sub Bagian Humas Polres Metro Jakarta Pusat Ajun Komisaris Polisi Sam Suharto saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Sam menjelaskan sebanyak 2.645 personel gabungan dikerahkan untuk mengawal jalannya aksi unjuk rasa pada dua titik di wilayah Jakarta Pusat itu.

Baca juga: Buruh unjuk rasa di Balai Kota Jakarta tuntut kenaikan UMP

Sementara itu, pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan secara situasional. Sejumlah ruas jalan yang direncanakan dilakukan penutupan, yakni yang mengarah pada Bundaran Patung Kuda, yakni Jalan Veteran, Jalan Merdeka Barat, dan Jalan Merdeka Utara.

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta menjelaskan penutupan jalan akan dilakukan lebih awal.

"Kalau memungkinkan akan ditutup lebih awal. Yang pertama adalah Patung Kuda mengarah utara ditutup, Harmoni arah selatan ditutup," kata Purwanta.

Baca juga: Buruh diminta turut menciptakan iklim usaha kondusif

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2021