Pemerintah gandeng Airbnb bantu pemulihan wisata

Pemerintah gandeng Airbnb bantu pemulihan wisata

Jumpa pers Kemenparekraf umumkan kerjasama dengan Airbnb untuk pemulihan pariwisata Imdonesia di Jakarta, Kamis (25/11/2021) (ANTARA/Maria Cicilia Galuh)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dan Airbnb mengumumkan kerja sama untuk mendukung pemulihan pariwisata Indonesia.

Kerja sama itu merupakan yang pertama dan ditandai dengan penandatanganan perjanjian yang mendorong pariwisata berkualitas tinggi.

"Kolaborasi kami dengan Airbnb bertujuan untuk membangkitkan sektor pariwisata, membuka kembali lapangan kerja seluas-luasnya, dan menyelamatkan usaha-usaha penginapan di destinasi wisata Indonesia, dimulai dengan Bali," ujar Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Parekraf dalam jumpa pers "Perjanjian MoU Kemenparekraf dan Airbnb" pada Kamis.

Sandiaga juga mengatakan kerja sama ini diharapkan dapat memperbaharui optimisme menuju pemulihan sektor pariwisata dan mempersiapkan berbagai destinasi untuk menyambut wisatawan internasional maupun dalam negeri.

Kerja sama itu juga sejalan dengan kampanye pemerintah Indonesia yang bertajuk "Wonderful Indonesia" dan "It's Time for Bali". Kolaborasi ini akan meningkatkan keterampilan digital para pengusaha lokal dan menyoroti berbagai destinasi prioritas pemerintah di nusantara, dimulai dari Bali.

Kolaborasi Kemenparekraf dan Airbnb meliputi beberapa hal seperti kedua belah pihak akan membagikan insight dan menyusun langkah terbaik yang akan mendukung pembuatan kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

Kemenparekraf dan Airbnb akan bekerja sama untuk mendorong wisatawan yang memiliki rencana untuk menginap dalam jangka waktu yang lama, serta merekomendasikan berbagai lokasi tersembunyi.

Selain itu, memberdayakan komunitas lokal melalui wisata, terutama lima destinasi prioritas di Indonesia yang telah ditentukan oleh pemerintah termasuk Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Kedua belah pihak juga akan bersama-sama memajukan promosi destinasi dalam program Desa Wisata dari Kemenparekraf/Baparekraf, melalui peningkatan keterampilan digital untuk komunitas lokal.

Tak hanya itu, ada juga workshop pelatihan bagi pengusaha lokal di beberapa desa pilihan untuk dibekali dengan pengetahuan dan alat dalam memanfaatkan platform Airbnb dan lebih memperkenalkan akomodasi kepada calon wisatawan lokal dan internasional.

Kerja sama ini akan dimulai dengan menyoroti Bali sebagai destinasi utama dengan menghadirkan microsite khusus dari Airbnb melalui laman www.airbnb.com/ItsTimeForBali.

Perjanjian MoU ini dicanangkan saat Airbnb memperkenalkan lebih dari 150 pembaruan di platformnya di tahun ini untuk mendukung kebutuhan wisatawan yang terus berkembang di tengah revolusi wisata.

Baca juga: Kemenparekraf gelar kegiatan internasional untuk bangkitkan MICE

Baca juga: Kemenparekraf dan swasta sediakan mobil vaksinasi keliling

Baca juga: Kemenparekraf fasilitasi 135 pelaku wisata di Jatim berbadan hukum


 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemenparekraf maksimalkan wisata kebugaran dalam negeri

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar