Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan bersyukur karena lokasi balap mobil listrik Formula E bakal diputuskan oleh Presiden Joko Widodo.

"Kalau ada keinginan pemerintah pusat untuk terlibat aktif, tentu kami sangat senang dan bersyukur. Itu artinya pemerintah pusat memberi perhatian lebih," kata Riza Patria, di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Menurut Riza, penyelenggaraan Formula E tidak hanya menyangkut nama baik Jakarta, tapi nama baik Indonesia. "Bapak Presiden memberi perhatian. Kami berterima kasih dan bersyukur," imbuhnya.

Riza menambahkan, Pemprov DKI melalui BUMD Jakarta Propertindo (Jakpro) sebagai penyelenggara, menyiapkan lima lokasi pilihan yang bakal dipilih sebagai lokasi balap listrik itu.


Namun, Pemprov DKI juga menyesuaikan dengan aturan yang sudah diatur tim Formula E karena untuk memenuhi sejumlah persyaratan, di antaranya sisi keamanan peserta balap dan penonton.

"Kita harapkan lokasi yang dipilih Presiden adalah tempat terbaik bagi kepentingan semua, dan nantinya bisa menjadi ikon kota Jakarta," katanya.

Baca juga: Jakpro siap berkolaborasi sukseskan Formula E Jakarta 2022

Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, mengatakan, Presiden Joko Widodo yang akan memutuskan lokasi untuk dijadikan sirkuit balap mobil listrik atau Formula E.

Bambang menyebutkan, ada tiga opsi lokasi untuk menggelar Formula E di Jakarta Utara dan dua opsi di Jakarta Pusat.

Senada dengan Bambang, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, juga menyebutkan Presiden Jokowi yang akan memutuskan lokasi Formula E.

Alberto Longo mengatakan, sampai saat ini lokasi sirkuit Formula E di Jakarta belum ditentukan, karena penentuan ini bukan hal mudah.

"Banyak pilihan bagus, ada lima lokasi berbeda di luar area terlarang, ada banyak hal teknis. Kami akan lakukan kunjungan ke lima lokasi ini sebelum diumumkan. Sebelum Natal sudah diumumkan. Kami akan mengajukan proposal ke Presiden Indonesia, beliau lah yang akan mengambil keputusan," ujar Longo.

Baca juga: Co-founder Formula E berharap perpanjang kontrak di Jakarta usai 2024
Baca juga: Presiden Jokowi yang putuskan lokasi sirkuit Formula E Jakarta

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2021