Banjir landa sejumlah desa di pedalaman Barito Utara Kalteng

Banjir landa sejumlah desa di pedalaman Barito Utara Kalteng

Banjir merendam sejumlah rumah warga di Desa Benangin I Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Kamis (25/11/2021) pagi.ANTARA/Dokumen Pribadi

Banjir sangat cepat naik sejak pagi tadi dan hingga siang ini terus naik
Barito Utara, Kalteng (ANTARA) - Sejumlah desa di Kecamatan Teweh Timur yang merupakan salah satu kecamatan pedalaman di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, diterjang banjir bandang akibat meluapnya Sungai Teweh, anak Sungai Barito.

"Banjir sangat cepat naik sejak pagi tadi dan hingga siang ini terus naik," kata Camat Teweh Timur Winardi ketika di hubungi melalui telepon dari Muara Teweh, Barito Utara, Kamis.

Baca juga: Wilayah Barito Utara mulai dilanda banjir

Menurut dia, saat ini banjir merendam sejumlah jalan desa dan rumah warga setempat dengan ketinggian bervariasi antara 20 centimeter sampai 1,5 meter.

Desa yang terendam banjir di antaranya Desa Benangin 1, Benangin 2, Benangin 3 dan Benangin 5.

Baca juga: Jalan dan pemukiman di Barito Utara terendam banjir
Banjir di kawasan jembatan yang merupakan akses masuk Kecamatan Teweh Timur dan Kecamatan Gunung Purei di Desa Benangin 2 Kecamatan Teweh Timur Kabupaten Barito Utara terendam banjir, Kamis (25/11/2021) pagi .ANTARA/Dokumen Pribadi



"Sejumlah rumah warga sudah ada yang terendam banjir terutama yang berada di dataran rendah," katanya.

Dia mengatakan pagi tadi kawasan Desa Benangin dilanda hujan dan potensi hujan akan turun kembali, melihat langit masih mendung.

Baca juga: Sejumlah wilayah di Kota Pekalongan dilanda banjir

"Banjir ini juga memutus akses jalan darat dari Kecamatan Teweh Timur menuju Kecamatan Gunung Purei karena jembatan Sungai Benangin terendam banjir," kata Winardi.

Banjir bandang ini juga diperkirakan merendam desa-desa lainnya di kecamatan yang berbatasan dengan Kalimantan Timur ini terutama di desa yang berada di bantaran sungai yang biasa menjadi langganan banjir bandang di antaranya Sampirang 1, Sampirang 2 dan Desa Wakat.

"Kita harapkan banjir segera surut sebelum malam nanti ," ujarnya.

Baca juga: KLHK turunkan tim cari langkah efektif atasi banjir Kalimantan Barat

Pewarta: Kasriadi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar