Jakarta (ANTARA) - Penyerang tim nasional U-18 Indonesia Ricky Pratama mengakui bahwa dia dan rekan-rekannya beberapa kali masih kurang percaya diri ketika menghadapi lawan-lawan dalam pertandingan uji coba di Turki.

"Kami juga kurang berani menguasai bola," ujar Ricky dikutip dari laman PSSI di Jakarta, Kamis.

Meski demikian, pemain muda PSM Makassar itu menilai skuad U-18 terus belajar dan beradaptasi. Hasilnya, mereka mendapatkan dua kemenangan dari dua laga persahabatan di Turki.

Timnas U-18 menundukkan Antalyaspor dengan skor 3-1, Minggu (21/11), dan mengandaskan Alanyaspor 4-0 tiga hari kemudian.

Baca juga: Shin Tae-yong puji penampilan timnas U-18 
Baca juga: Timnas U-18 tundukkan Alanyaspor 4-0 pada laga berdurasi 48 menit 


Ricky pun melesakkan satu gol saat menghadapi Alanyaspor setelah memanfaatkan umpan terobosan Subhan Fajri.

"Permainan sudah sesuai, tinggal komunikasi sama 'passing'-nya saja. Pelatih (Shin Tae-yong) juga menilai kami terus berkembang, lebih baik dari laga sebelumnya," kata Ricky.

Timnas U-18, yang diperkuat 36 pemain, berada di Turki untuk melakoni persiapan menuju Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Di Turki, mereka menjalani pemusatan latihan dan tiga pertandingan uji coba, yaitu menghadapi tim U-18 Antalyaspor pada 21 November 2021, lalu melawan tim U-18 Alayanspor tiga hari kemudian dan pada 27 November menjajal kekuatan salah satu skuad yang kemungkinan adalah timnas muda salah satu negara.

Piala Dunia U-20 akan digelar di Indonesia pada tahun 2023. Seharusnya, turnamen yang diikuti 24 negara tersebut dilaksanakan pada 2021, tetapi ditunda lantaran pandemi COVID-19. 

Baca juga: Shin: Timnas U-18 masih bisa lebih baik 
Baca juga: Dua gol Ronaldo Kwateh bawa timnas U-18 taklukkan Antalyaspor 3-1 
Baca juga: Subhan: Timnas U-18 terkejut dengan intensitas latihan Shin Tae-yong 

 

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021