Bocoran Soal UN via Facebook-twitter Beredar

Bocoran Soal UN via Facebook-twitter Beredar

Facebook (ANTARA News/istimewa)

Kunci jawaban itu sudah nyebar di wall facebook kita-kita. Kita dikasih link kunci jawaban soal sama yang lain di wall Facebook kita
Bandung (ANTARA News) - Pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional (UN) tingkat SMA/MA/SMK di Kota Bandung, diwarnai oleh beredarnya kunci jawaban soal via jejaring sosial facebook dan twitter.

"Kunci jawaban via facebook dan twitter itu sudah ada sejak kemarin," kata salah seorang siswa kelas 3 IPA 4 SMA Negeri 3 Bandung Rachma, Senin.

Menurutnya, sore kemarin dirinya mendapatkan pesan singkat singkat berisi dari jawaban dari temannya.

"Terus saya tanya ke teman saya yang ngasih SMS bocoran soal, kamu tahu dari mana. Kan pelaksanaan UN nya belum. Teman saya bilang, bocoran UN itu didapatkan dari sumber terpercaya," kata Rachma.

Hal senada juga diutarakan rekan satu kelas Rachma, yakni Dhiyaa Putri.

"Kunci jawaban itu sudah nyebar di wall facebook kita-kita. Kita dikasih link kunci jawaban soal sama yang lain di wall Facebook kita," kata Dhiyaa.

Namun, meskipun bocoran kunci jawaban UN sudah tersebar kemarin, Rachma dan Dhiyaa tidak mempercayai hal tersebut. "Saya sih ngak percaya, soalnya guru tidak terlibat," ujar Dhiyaa.

Sementara itu, menyikapi merekanya bocoran kunci jawaban di Kota Bandung, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda, mengimbau agar siswa tidak langsung percaya dengan adanya bocoran soal UN tersebut.

"Saya harap siswa tidak langsung percaya karena itu hanya sebagian dari sabotase sistem pendidikan supaya siswa goyah dan tidak percaya diri," kata Ayi Vivanda usi memantau pelaksanaan UN di SMAN 3 Bandung.
(*)

Editor: AA Ariwibowo
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Hoaks Atau Benar - Tentang UAS yang ditangkap dan KK seukuran KTP

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar