Dikembalikan ke laut, personel TNI AL selamatkan ikan duyung terdampar

Dikembalikan ke laut, personel TNI AL selamatkan ikan duyung terdampar

Suasana personel TNI AL melakukan penyelamatan ikan duyung (dugong) yang terdampar di Pantai Jalaria, Lantamal VI, Makassar, Kamis (25/11/2021). ANTARA/HO-Lantamal VI/aa.

Penyelamatan ikan duyung akhirnya berhasil dan dipastikan ikan duyung masih hidup, meskipun terlihat kondisinya lemah lantaran dalam kondisi luka akibat terjebak di laut dangkal dan menabrak karang
Makassar (ANTARA) - Personel TNI AL menyelamatkan ikan duyung (dugong) yang terdampar di Pantai Jalaria, Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan dengan mengembalikan satwa mamalia itu ke laut dalam.

"Personel TNI AL di Makassar telah berhasil menyelamatkan Ikan duyung yang terdampar di Pantai Jalaria Lantamal VI," kata  Komandan Detasemen Markas(Dandenma) Lantamal VI Mayor (Mar) Awan Suryawan, M.Tr. Opsla Personel TNI AL di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan penampakan ikan duyung yang terdampar ini ditemukan oleh personel TNI AL pada saat bersih–bersih pantai rutin pagi hari.

Penyelamatan ikan duyung ini berlangsung dramatis dan membutuhkan waktu sekitar satu jam lebih.

Personel TNI AL tersebut harus berjibaku menyelamatkan ikan duyung dan kemudian digiring ke laut dalam.

Setelah melalui proses yang cukup sulit, kata dia, penyelamatan ikan duyung akhirnya berhasil dan dipastikan ikan duyung masih hidup, meskipun terlihat kondisinya lemah lantaran dalam kondisi luka akibat terjebak di laut dangkal dan menabrak karang.

Prajurit TNI AL berusaha keras membantu melakukan penyelamatan dengan menggiring ke laut dalam agar ikan itu bisa bebas dan melanjutkan kehidupannya.

Menurut dia personel TNI AL yang berhasil menyelamatkan ikan duyung tersebut adalah Kopral Kepala Edison yang dibantu PNS Safar Aliyuddin.

"Keduanya adalah anggota Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Makassar," demikian Awan Suryawan.

Baca juga: Dugong nyaris punah akibat pencemaran laut di semenanjung Malaka

Baca juga: Ikan Duyung Terjerat Jaring Nelayan Tolitoli

Baca juga: Sea World Indonesia Gandeng IPB Selamatkan Ikan Duyung

Baca juga: BKSDA Sultra evakuasi ikan duyung temuan warga Konawe Kepulauan



 
Dua personel TNI AL yakni Kopral Kepala Edison (kanan) yang dibantu PNS Safar Aliyuddin
usai melakukan penyelamatan ikan duyung (dugong) yang terdampar di Pantai Jalaria, Lantamal VI, Makassar, Kamis (25/11/2021). (FOTO ANTARA/ HO- Lantamal VI)

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar