Fed akan memulai rencana tapering lebih cepat mulai Januari

Fed akan memulai rencana tapering lebih cepat mulai Januari

Arsip foto - Gedung Dewan Federal Reserve di Constitution Avenue difoto di Washington, AS, 19 Maret 2019. ANTARA/REUTERS/Leah Millis.

London (ANTARA) - Federal Reserve AS kemungkinan akan menggandakan laju pengurangan pembelian obligasi bulanannya mulai Januari menjadi 30 miliar dolar AS dan mengurangi skema pembelian obligasi era pandemi pada pertengahan Maret, kata ahli strategi Goldman Sachs, dalam catatan harian pada Kamis (26/11/2021).

"Meningkatnya keterbukaan untuk mempercepat langkah tapering kemungkinan mencerminkan inflasi yang agak lebih tinggi dari perkiraan selama dua bulan terakhir, dan kenyamanan yang lebih besar di antara pejabat Fed bahwa langkah yang lebih cepat tidak akan mengejutkan pasar keuangan," kata analis yang dipimpin oleh Jan Hatzius dalam catatan kliennya.

Meskipun kalender tapering dipercepat, Goldman memperkirakan The Fed mulai menaikkan suku bunga hanya dari Juni sebanyak tiga kali pada 2022. Bank investasi AS itu adalah salah satu dari beberapa bank yang baru-baru ini menaikkan ekspektasi kenaikan suku bunga mereka untuk 2022 menjadi tiga kali dari dua kali.

Risalah pertemuan kebijakan bank sentral AS 2-3 November menunjukkan bahwa beberapa pembuat kebijakan mengatakan mereka akan terbuka untuk mempercepat program pembelian obligasi mereka jika inflasi tinggi bertahan dan akan bergerak lebih cepat untuk menaikkan suku bunga.


Baca juga: Pejabat: Fed AS dapat percepat laju "tapering" karena inflasi melonjak

Baca juga: Risalah: Fed dapat mulai kurangi pembelian aset pertengahan November

Baca juga: Fed diperkirakan umumkan "tapering" di tengah tekanan inflasi kuat

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bank Indonesia waspadai kenaikan imbal hasil obligasi AS

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar