counter

Din Syamsudin : Umat Muslim Wajib Selamatkan Bumi

Din Syamsudin : Umat Muslim Wajib Selamatkan Bumi

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin. (ANTARA)

Yogyakarta (ANTARA News) - Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin mengatakan, umat muslim wajib menyelamatkan bumi dan menjegal orang-orang yang membuat kerusakan di muka bumi.

"Umat muslim wajib menyelamatkan bumi. Karena bumi saat ini tidak lagi lestari, tetapi sudah rusak, bahkan tokoh dunia menyebutkan bahwa saat ini terjadi keruntuhan ekologikal," ujar Din Syamsudin dalam pembukaan Seminar dan Rakernas Majelis Lingkungan Hidup di Yogyakarta, Selasa.

Din menyebutkan salah satu upaya yang bisa dilakukan umat muslim yakni seperti yang dilakukan Muhammadiyah melalui program shodaqoh sampah.

Pada prinsipnya, kata Din, program shodaqoh sampah mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai dan uang yang dihasilkan diberikan kepada yang dibutuhkan.

"Selain itu juga dilakukan aksi hijau di kantor yakni melakukan efisiensi terhadap penggunaan kertas, energi maupun penggunaan straples setiap harinya di kantor," jelas dia.

Ketua Majelis Lingkungan Hidup (MLH) PP Muhammadiyah Muhjidin Mawardi mengatakan, saat ini sampah telah mengancam kehidupan manusia.

"Dampaknya sudah kita rasakan saat ini seperti pemanasan global maupun perubahan iklim.Ini efek dari gagalnya pengelolaan lingkungan secara berkelanjutan," kata dia.

Karena itu, lanjutnya, yang diperlukan saat ini adalah langkah konkrit bukan seremoni belaka.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Universitas Muhammadyah Yogyakarta (UMY) merintis jurusan Teologi Lingkungan. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mengubah cara pandang terhadap pengelolaan lingkungan.
(IND)

Editor: Bambang
COPYRIGHT © ANTARA 2011

Presiden hormati keputusan Din mundur dari UKP

Komentar