Puruk Cahu (ANTARA) - Pecatur junior asal Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Rafa Firjatullah (10), bakal mewakili Indonesia dalam Asean Youth Championship 2022 di Vietnam.

Pecatur asuhan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Murung Raya ini menyabet medali perak  Kejuaraan Nasional Catur Junior V di Bangka Belitung 20-26 November 2021.

"Rafa Firjatullah meraih prestasi di kancah nasional ini setelah berjuang penuh dengan semangat Tira Tangka Balang (maju terus pantang mundur) mewakili Kalimantan Tengah dan berhasil meraih peringkat kedua atau medali perak perorangan Putra di KU E (10 tahun),"  kata Ketua Percasi Murung Raya Pahala Budiawan di Puruk Cahu, Jumat.

Rafa berhasil mengalahkan pecatur-pecatur unggulan dari Jawa Timur, Jawa Barat, Banten dan Jakarta yang selalu mendominasi kejuaraan nasional.

Baca juga: Dwitarung mendebarkan Magnus Carlsen vs Nepomniachtchi pun mulai

"Poin akhir Rafa Firjatullah dengan Steven Tan asal DKI Jakarta dengan poin 7, Rafa hanya kalah 'head to head' sehingga Rafa meraih peringkat kedua dan berhasil menyabet medali perak," sambung Pahala Budiawan.

Kepala Bapplitbangda Murung Raya ini juga menyatakan keberhasilan dalam kejurnas junir itu membuat Rafa berhak mewakili Indonesia dalam Asean Youth Championship di Vietnam tahun depan.

Menurut dia, Rafa sebenarnya baru pertama kalinya mengikuti kejurnas, sehingga masih sedikit demam panggung, namun setelah penyesuaian dari babak pertama sampai babak ketiga permainannya  mulai stabil.

Pelatihnya, Zainal Arifin, menyebut Rafa sudah bisa bersaing dengan para pecatur unggulan dari DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

"Ke depannya Rafa akan terus dilatih secara mendalam baik teori maupun prkatik di Pondok Catur Murung Raya sebagai persiapan menghadapi Asean Youth Campionship di Vietnam," pungkas Zainal.

Baca juga: Festival Catur Pelajar 2021 mendapat penghargaan dari Muri

Pewarta: Kasriadi/Supriadi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021