Saham China ditutup lebih rendah tertekan kekhawatiran Covid-19

Saham China ditutup lebih rendah tertekan kekhawatiran Covid-19

Ilustrasi - Para investor sedang memantau pergerakan saham di Bursa Saham China. ANTARA/REUTERS/Aly Song/am.

Shanghai (ANTARA) - Saham-saham China ditutup lebih rendah pada perdagangan Jumat, karena kasus COVID-19 domestik dan varian virus corona baru dan mungkin resisten terhadap vaksin membebani sentimen investor, dengan saham-saham terkait semikonduktor dan energi memimpin penurunan.

Indikator utama Bursa Efek Shanghai, Indeks Komposit Shanghai merosot 20,09 poin atau 0,56 persen menjadi menetap di 3.564,09 poin, sedangkan indeks saham-saham unggulan CSI300 terpangkas 36,31 poin atau 0,74 persen menjadi berakhir di 4.860,13 poin.

Untuk minggu ini, indeks CSI300 turun 0,72 persen, sedangkan Indeks Komposit Shanghai naik tipis 0,04 persen.

Beberapa kasus COVID-19 lokal di bagian timur China telah mendorong kota Shanghai untuk membatasi kegiatan pariwisata dan kota terdekat untuk memotong layanan transportasi umum.

Langkah tersebut mengirim saham-saham pariwisata dan kebutuhan pokok konsumen masing-masing turun 1,8 persen dan 0,8 persen.

Sementara itu, sub-indeks real estat, sub-indeks energi, sub-indeks semikonduktor merosot antara 1,2 persen dan 2,8 persen.

Di pasar global, deteksi varian virus corona baru di Afrika Selatan menakuti investor, mendorong mereka untuk membuang aset-aset berisiko dan berbondong-bondong ke tempat yang aman.

Data Refinitiv menunjukkan arus keluar sekitar 800 juta yuan melalui kaki-kaki Northbound dari program Stock Connect, menunjukkan investor luar negeri adalah penjual bersih saham A.

Morgan Stanley mengatakan terus memilih saham A di ruang China dan akan menunggu titik masuk yang lebih baik.

“Pernyataan baru-baru ini seputar sikap pelonggaran kebijakan dan katalis aliran masuk struktural saham A adalah positif, tetapi tekanan tetap ada di bagian depan pendapatan dan pengurangan perkiraan konsensus dapat bertahan lebih lama,” kata Morgan Stanley dalam sebuah catatan.

Baca juga: Saham China dibuka lebih rendah, perpanjang kerugian sesi sebelumnya

Baca juga: Saham China ditutup lebih tinggi, indeks Shanghai terkerek 0,10 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar