Kami sangat mengapresiasi pekerjaan pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 ini dimana progress pekerjaan dapat terealisasi dengan baik terutama di masa Pandemi COVID-19 ini
Jakarta (ANTARA) - PT PP (Persero) Tbk, BUMN konstruksi dan investasi, menilai progres pembangunan jalan tol Semarang-Demak Paket 2, Jawa Tengah, sampai pekan kedua November 2021 mencapai 58,55 persen yang berarti lebih cepat dari yang direncanakan.

"Kami sangat mengapresiasi pekerjaan pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 ini dimana progress pekerjaan dapat terealisasi dengan baik terutama di masa Pandemi COVID-19 ini," kata Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen PT PP Andi Gani Nena Wea dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Hal itu disampaikan saat dirinya bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta jajaran manajemen perseroan melakukan kunjungan kerja ke proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2.

Dalam keterangan Badan Penyelenggara Jalan Tol (BPJT) menyebutkan Jalan tol dengan panjang 26,7 kilometer ini terbagi menjadi 2 seksi, yakni Seksi 1 (Semarang/Kaligawe-Sayung) sepanjang 10,39 kilometer porsi pemerintah dan Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer porsi Badan UsahaJalan Tol (BUJT) PT Pembangunan Perumahan Semarang Demak (PPSD).

PPSD merupakan salah satu anak usaha PT PP yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan jalan tol. Selain sebagai investor, PT PP juga berperan selaku kontraktor dalam pembangunan jalan tol tersebut.

Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) memiliki panjang lintasan 16,31 kilometer yang dimulai dari Sayung STA 10+394 sampai dengan STA 26+704.

Adapun lingkup pekerjaannya, antara lain pekerjaan Slob on Pile sepanjang 9,492 kilometer, pekerjaan timbunan sepanjang 6,144 kilometer, dan pekerjaan struktur jembatan sepanjang 0,679 kilometer.

Proyek pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 ini ditargetkan akan selesai pada 2022.

Kehadiran Jalan Tol Semarang-Demak yang terintegrasi dengan tanggul laut Kota Semarang tersebut diharapkan dapat mendukung pertumbuhan pusat ekonomi baru di Provinsi Jawa Tengah.

Selain itu, dengan kehadiran jalan tol tersebut diharapkan dapat membuka akses baru dan semakin mempermudah akses yang sudah ada sebelumnya.

Ganjar Pranowo selaku Gubernur Provinsi Jawa Tengah mengapresiasi bahwa dengan adanya pembangunan Jalan Tol Semarang-Demak Paket 2 yang dibangun oleh PTPP ini telah membantu penyerapan tenaga kerja lokal sebanyak 650 orang.

Dengan adanya penyerapan tenaga kerja di daerah setempat akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Titip yah mas dalam menjaga prokes, titip keselamatan kerja karena itu bagian dari cara kita menjaga kawan-kawan yang bekerja," kata Ganjar Pranowo dalam sambutannya.

Baca juga: PT PP nilai Tol Serang-Panimbang dorong pertumbuhan ekonomi Banten

Baca juga: PT PP nilai Jalan Tol Cijago Seksi III strategis


Baca juga: PT PP raih kontrak baru Rp13,48 triliun sampai September 2021
 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021