Laporan dari Kuala Lumpur

Kalah di Pemilu Melaka, Anwar Ibrahim siap bertanggungjawab

Kalah di Pemilu Melaka, Anwar Ibrahim siap bertanggungjawab

Warga berjalan di dekat poster seorang calon Dewan Undangan Negeri (DUN) dalam Pemilihan Umum Negara Bagian Melaka, Malaysia, pada hari pencoblosan di Lapangan Pahlawan Melaka, Sabtu (20/11/2021). (ANTARA/Agus Setiawan)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Ketua Oposisi Malaysia Anwar Ibrahim menegaskan dirinya bersedia bertanggungjawab atas kekalahan besar koalisi Pakatan Harapan (PH) pada Pemilu Dewan Undangan Negeri Melaka, Sabtu lalu.

Presiden Partai Keadilan Rakyat (PKR) tersebut mengemukakan hal itu di Kuala Lumpur, Jumat, usai menghadiri peluncuran buku "Jejak-jejak Pencerahan Umat" karya Dr Muhammad Nor Manuty.

Anwar mengatakan sebagai ketua koalisi dirinya menerima kekalahan PH termasuk kegagalan dua bekas anggota Dewan Undangan Negeri (DUN) UMNO yang mencalonkan diri melalui PH.

Anggota parlemen dari Port Dickson ini mengatakan dirinya menerima kritik, termasuk desakan supaya meletakkan jabatan sebagai Ketua Oposisi dan Ketua PH.

Sebelumnya Anwar didesak melepaskan jabatan sebagai Ketua Oposisi setelah koalisi PH hanya meraih enam kursi, lima oleh DAP (Democratic Action Party) dan satu oleh Partai Amanah dalam PRN Melaka Sabtu lalu.

Anwar mengatakan desakan mundur tersebut hanya pendapat dan dia meminta anggota PH untuk tidak menanggapinya.

Dia menanggap desakan anggota DUN Bilut, Lee Chin Chen, agar dia mengundurkan diri dari ketua oposisi hanyalah pendapat pribadi dan tidak mewakili DAP.

Sementara itu Mohd Rafiq Naizamohideen yang kalah dalam Pemilu Melaka mengundurkan diri dari Ketua Perikatan Nasional Melaka dan Ketua Badan Pimpinan Parti Pribumi Bersatu Melaka.

Rafiq kalah pada Pemilu DUN di Teluk Mas karena hanya mendapatkan 3.976 pemilih, sedangkan calon UMNO Abdul Rzak Abdul Rahman memperoleh 6.052 pemilih.

Baca juga: Pemilu Sarawak akan digelar 18 Desember
Baca juga: Koalisi Barisan Nasional memenangi Pemilu Dewan Undangan Negeri Melaka
Baca juga: Ribuan tentara dan polisi lakukan pencoblosan di Pemilu Melaka

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: Anton Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Polairud Kepri selamatkan 22 CPMI dari aksi penyelundupan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar