Kabupaten Bojonegoro turun level PPKM dengan gencar vaksinasi lansia

Kabupaten Bojonegoro turun level PPKM dengan gencar vaksinasi lansia

Tangkapan layar Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dalam dalam Dialog Produktif Kabar Jumat Siaga “Bencana Ketika Pandemi” yang diikuti secara daring dari Jakarta, Jumat (26/11/2021). ANTARA/Devi Nindy

“Karena para lansia tidak mudah diyakinkan, kita lakukan komunikasi dengan pendekatan pada keluarga terdekatnya...''
Jakarta (ANTARA) - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menurunkan status level PPKM dari level 3 ke level 2 dengan menggencarkan vaksinasi COVID-19 untuk lanjut usia.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah mengatakan lanjut usia yang tercakup dalam data yang terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan 42 persen dari kelompok populasi tersebut.

“Ada lagi tiga persen yang sudah berjalan, namun menggunakan sistem manual. Data tersebut belum bisa dimutakhirkan antara di Kemenkes dan Kabupaten,” ujar Anna melanjutkan dalam Dialog Produktif Kabar Jumat Siaga “Bencana Ketika Pandemi” yang diikuti secara daring dari Jakarta, Jumat.

Anna menjelaskan vaksinasi lansia dikebut dengan menyasar 15-25 lansia dari 430 desa di Kabupaten Bojonegoro.

Untuk menuju PPKM level 1 diperlukan sekitar 21.500 lansia lagi yang mendapatkan vaksin COVID-19. Namun kendalanya, banyak dari lansia di sana yang menolak divaksin.

Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melakukan pembinaan di basis Rukun Tetangga (RT) untuk membantu pelaksanaan vaksinasi hingga pelosok desa, dan menggerakkan warga lansia untuk ikut.

Selain itu, Pemkab Bojonegoro telah bersurat kepada para Camat agar memastikan percepatan vaksinasi dilakukan sembari memberikan bantuan secara materi.

Kemudian pendekatan vaksinasi juga dilakukan di basis tempat ibadah masyarakat seperti masjid, serta di pusat-pusat keramaian masyarakat.

“Karena para lansia tidak mudah diyakinkan, kita lakukan komunikasi dengan pendekatan pada keluarga terdekatnya. Di sanalah malam hari kita melakukan vaksinasi, dan meminta RT dan RW mengirim lansia untuk divaksinasi,” kata Anna.

Percepatan vaksinasi pada lansia juga melibatkan unsur TNI dan Polri dalam menyelenggarakan kegiatan vaksinasi door to door.
Baca juga: Reisa: Level PPKM terus turun karena antusiasme vaksinasi warga tinggi
Baca juga: PPKM Pesisir Selatan turun ke level II seiring meningkatnya vaksinasi
Baca juga: Bupati Bogor berharap level PPKM dapat turun seiring capaian vaksinasi

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Perahu terbalik di Bojonegoro, enam korban masih pencarian

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar