Kemenkominfo apresiasi gerakan literasi digital Serdang Bedagai

Kemenkominfo apresiasi gerakan literasi digital Serdang Bedagai

Kemenkominfo memberikan apresiasi kepada PemkabĀ Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, yang dinilai sukses dalam penyelenggaraan GerakanĀ Nasional Literasi Digital. (ANTARA/HO)

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang tidak terhindarkan dalam meningkatkan, tentunya di samping kualitas produk itu sendiri
Medan (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan apresiasi kepada Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, yang dinilai sukses dalam penyelenggaraan Gerakan Nasional Literasi Digital.

Bupati Sergai Darma Wijaya di Seirampah, Sabtu, mengatakan, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kemenkominfo atas penghargaan yang diberikan kepada Pemkab Sergai atas keberhasilannya dalam menyukseskan kegiatan literasi digital yang dimulai pada Mei lalu.

"Saat ini kami sedang bahu-membahu untuk menanggulangi permasalahan banjir yang terjadi di beberapa kecamatan. Jujur saja, apresiasi yang kami dapat dari Kemenkominfo, walau tidak berhubungan dengan penanganan bencana, namun secara langsung memberi kami motivasi untuk tetap
bekerja sebaik mungkin, dalam segala bidang yang menjadi tanggung jawab pemerintah," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia menekankan pentingnya penguasaan literasi digital dalam aktivitas sehari-hari. Dengan kemampuan ini, kata dia,, banyak peluang yang terbuka sekaligus mencegah hal-hal buruk terjadi.

Peluang yang dimaksud terkhusus kepada para pelaku UMKM. Di tengah situasi pandemi seperti sekarang, para pelaku UMKM bisa melirik media digital sebagai sarana pemasaran atau promosi yang potensial.

"Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang tidak terhindarkan dalam meningkatkan, tentunya di samping kualitas produk itu sendiri," katanya.

Sedangkan perihal mencegah hal buruk terjadi, Bupati menyebut dengan literasi digital, masyarakat bisa lebih waspada dalam menyikapi berbagai ancaman kejahatan yang makin kemari makin marak dan canggih.

"Sekarang banyak kita lihat yang jadi korban tindak kejahatan siber. Ini salah satunya karena kurangnya literasi digital. Begitu vital sekarang manfaat teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehingga edukasi dan sosialisasi perlu tetap dilaksanakan," kata Darma Wijaya .

Sementara Wakil Bupati Sergai, Adlin Tambunan, mengatakan, antusiasme literasi digital di Sergai menjadi bukti jika masyarakat sekarang sudah mulai menyadari pentingnya kecakapan teknologi.

"Alhamdullilah, literasi digital yang diinisiasi oleh Kemenkominfo di Kabupaten Sergai, berjalan dengan lancar dan diikuti dengan antusiasme yang tinggi. Semoga tujuan dan manfaat yang jadi dasar dilaksanakannnya kegiatan ini bisa tercapai dan minat masyarakat terhadap kecakapan digital bisa bertumbuh," katanya.

Baca juga: Kemenkominfo targetkan pemerataan transformasi digital pada 2022

Baca juga: Pandu Digital program pendampingan literasi digital bagi UMKM

Baca juga: Kemenkominfo gelar kegiatan "Literasi Digital Netizen Fair" di Kupang


Baca juga: Pemerintah harapkan literasi digital bantu produktivitas masyarakat

Pewarta: Juraidi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Indonesia kedatangan 1,2 juta vaksin Sinovac

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar