Api berhasil dipadamkan pukul 16.30 WIB, saat ini dalam proses pendinginan, dibantu tim quick response Kapal Patroli P-348 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui KSOP Kelas III Sunda Kelapa berhasil mengevakuasi kapal barang KM Bandar Lestari dengan GT 680 yang terbakar di Dermaga 006 Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Kepala Kantor KSOP Kelas III Sunda Kelapa, Chaerul Awaluddin mengungkapkan insiden kebakaran terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, pada Sabtu.

“Setelah mendapat laporan, Quick Response Team (QRT) KSOP Sunda Kelapa langsung menuju lokasi untuk memadamkan api. Dan saat ini kapal KM Bandar Lestari telah berhasil ditarik keluar kolam pelabuhan,” kata Chaerul dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Chaerul mengungkapkan kapal milik PT. Tropic tersebut secara visual terbakar hanya di atas dek, dan muatan yang terbakar dari bahan asbes/fiber.

Ia mengatakan pemadaman dilakukan bersama Damkar IPC Sunda Kelapa dan Damkar penjaringan dengan total 6 unit mobil pemadam.

“Api berhasil dipadamkan pukul 16.30 WIB, saat ini dalam proses pendinginan, dibantu tim quick response Kapal Patroli P-348 dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok,” ujarnya.

Berdasarkan keterangan kapten kapal, kapal tersebut memuat barang kelontong, semen 500 ton, material bangunan, kendaraan roda 4 sebanyak 2 unit dengan jenis 1 unit pick up, dan 1 unit truk. Adapun jumlah ABK Kapal sebanyak14 personil.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini dan kerugian material belum dapat dipastikan,” pungkasnya.

Baca juga: Kapal motor terbakar di Pelabuhan Sunda Kelapa
Baca juga: Kapal wisata mengangkut puluhan wisatawan terbakar di Labuan Bajo
Baca juga: Kapal Vietnam terbakar dan tenggelam saat dikejar KKP

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021