Liga Inggris

Klopp sanjung Diogo Jota sebagai rekrutan sempurna Liverpool

Klopp sanjung Diogo Jota sebagai rekrutan sempurna Liverpool

Penyerang Liverpool Diogo Jota menyontek bola untuk mencetak gol ke gawang Southampton dalam laga lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu (27/11/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Juergen Klopp menyanjung Diogo Jota sebagai rekrutan sempurna Liverpool sejak dibeli dari Wolverhampton pada September tahun lalu.

Jota memperlihatkan kontribusinya lagi lewat sumbangan dua gol saat membantu Liverpool melumat Southampton 4-0 dalam laga lanjutan Liga Inggris di Anfield, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

"Itu topik menyenangkan untuk dibicarakan. Diogo, pemain dan sosok yang luar biasa," kata Klopp selepas laga dikutip dari laman resmi Liverpool.

"Sekira satu setengah tahun lalu, dia rekrutan sempurna karena memiliki semua yang dibutuhkan seorang pemain untuk masuk skuad ini.

"Dia punya kemampuan teknis, fisik, cerdas dan cepat mempelajari banyak hal-hal taktik.

"Di atas itu semua dia bisa bermain di semua posisi di lini depan, bila kami memakai skema 4-2-3-1 dia bisa memainkan perananan nomor 10. Jadi sungguh sangat membantu," ujar Klopp panjang lebar.

Baca juga: Klopp tak senang diingatkan soal cedera Diogo Jota musim lalu

Klopp cukup menyayangkan nasib kurang beruntung yang menyambangi Jota ketika pemain timnas Portugal itu cedera medio Desember 2020-Februari 2021.

Namun ia senang penyerang berusia 24 tahun itu pulih dan terus memperlihatkan kecocokan dengan permainan yang diterapkannya di Liverpool.

"Sebenarnya, dia bisa mengambil keputusan lebih baik sebelum akhirnya mencetak gol, tetapi dia cukup cerdas untuk menunggu bola selanjutnya yang bisa diselesaikan lebih mudah," ujar Klopp.

"Tapi, saya pikir dia seharusnya bisa mencetak gol dari situasi sebelumnya. Tapi semua berakhir baik dan Diogo adalah pemain bagus," katanya melengkapi.

Baca juga: Thiago cetak gol lagi, Liverpool cukur Southampton 4-0

Pernyataan Klopp merujuk pada proses terjadinya gol pertama Jota, di mana ia mendapati tembakannya dihalau barisan pertahanan Southampton.

Beruntung bola bisa dikendalikan kembali oleh Liverpool dan Andy Robertson mengirim umpan tarik matang yang dikonversi jadi gol oleh Jota.

Jota belakangan mencetak gol lain dari umpan matang Mohamed Salah, demi membuat koleksinya kini jadi tujuh gol di Liga Inggris atau sama banyaknya dengan Sadio Mane.

Kontribusi Jota tentu diharapkan Klopp bisa berlanjut saat Liverpool menjalani duel Derbi Merseyside di kandang Everton pada Rabu (1/12) pekan depan.

Liverpool sementara ini duduk di posisi kedua dengan koleksi 28 poin, menggusur Manchester City (26) yang baru main sehari berselang.

Baca juga: Bekuk Crystal Palace, Gerrard lanjutkan bulan madu bersama Aston Villa
Baca juga: Tundukkan Newcastle 2-0, Arsenal kembali ke jalur kemenangan
Baca juga: Diimbangi Leeds, Brighton kian jauh dari performa gemilang awal musim

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar