Jakarta (ANTARA) - Penerbit Gramedia Pustaka Utama meluncurkan buku "Negara Polandia untuk Pemula" karya Piotr Śmieszek dan Arun Śmieszek yang disebut buku pertama tentang Polandia dalam bahasa Indonesia, Jumat (26/11).

Piotr Śmieszek dan Arun Śmieszek adalah pasangan suami istri yang kini menetap di Yogyakarta. Lewat 13 bab, kedua penulis merangkai berbagai aspek utama yang perlu diketahui tentang Polandia. Mulai dari sejarah, tokoh terkenal, seni, pendidikan, wisata, kuliner, hingga keterkaitan antara Polandia dan Indonesia.

Baca juga: "Martabak Isi Senja", pahit getir hidup dan romantika dalam cerita

“Buku ini bukan tentang perbedaan atau kesamaan kedua negara, bukan pula tentang orang-orang di kedua negara. Buku ini juga bukan buku yang bersifat akademis, bukan pula buku yang menceritakan tentang kehidupan sehari-hari di kedua negara, maupun tentang sejarah atau politik. Buku ini akan menuntun Anda untuk menemukan dimensi baru dalam bidang budaya dan wisata,” tulis Arun dalam pendahuluan bukunya, dikutip dari keterangan resmi, Minggu.

Arun mengatakan, penulisan buku ini telah dirancang menggunakan uraian yang ringkas, mendalam, dan tidak bertele-tele. Misalnya bab tentang kuliner yang disajikan secara ringkas dan cukup untuk dipahami.

"Bab lainnya, seperti sejarah dan tokoh dunia, kami jelaskan dengan sangat ringkas dan padat, yang mungkin membuat Anda merasa tidak cukup. Efek itulah yang memang kami inginkan agar Anda tertantang untuk mempelajarinya lebih jauh,” tambahnya.

Nama-nama dan istilah yang familiar bagi orang Indonesia seperti ilmuwan peraih Nobel Maria Skłodowska Curie, Paus Jan Paweł II, pesepakbola Robert Lewandowskid dan Egy Maulana, sejarah kelam kamp konsentrasi Auschwitz, Polonia di Medan, hingga bahasa Esperanto, turut diulas dengan dilengkapi berbagai pengetahuan seputar Polandia yang selama ini masih jarang diketahui, seperti Galaretka Mięsna; jeli daging Polandia, Bolek i Lolek; kartun Polandia terpopuler sepanjang masa, hingga Wrocław; bintang baru di peta Polandia.

Baca juga: Buku 100 Anak Tambang Indonesia semarakkan bulan kemerdekaan

Baca juga: "Tuesday with Morrie", memantik optimisme bersama Mitch Albom

Baca juga: "Suteru! Gijutsu" karya penulis Nagisa Tatsumi hadir di Indonesia

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021