San Francisco (ANTARA News/AFP) - Apple membukukan laba bersih kuartalan hampir dua kali lipat karena permintaan yang kuat untuk iPhone sementara penjualan komputer tablet iPad-nya turun tajam.

Apple Rabu mengatakan bahwa laba bersihnya naik 95 persen pada kuartal kedua tahun fiskal menjadi 5,99 miliar dolar AS, sedangkan pendapatan naik 83 persen menjadi 24,67 miliar dolar AS, mengalahkan ekspektasi analis Wall Street.

Laba bersih per saham adalah 6,40 dolar AS pada kuartal kedua, naik dari 3,30 dolar AS pada tahun lalu.

Pembuat gadget berbasis di Cupertino, California itu menjual 18,65 juta iPhone selama kuartal, naik 113 persen lebih dari setahun yang lalu.

Apple menjual 4,69 juta iPads selama kuartal yang berakhir pada 26 Maret turun dari 7,33 juta yang dijual selama kuartal pertama tahun fiskal.

Apple menjual 3,76 juta komputer Macintosh pada kuartal tersebut, naik 28 persen dari tahun lalu, dan 9,02 juta iPod, sebuah penurunan 17 persen dari setahun yang lalu.

"Dengan pertumbuhan pendapatan triwulanan sebesar 83 persen dan pertumbuhan laba 95 persen, kami menembaki semua silinder," kata Kepala Eksekutif Apple Steve Jobs dalam sebuah pernyataan.

"Kami akan terus berinovasi di semua lini pada seluruh sisa tahun," kata Jobs, yang kemudian meninggalkan perawatan medis pada Januari dengan tidak mengungkapkan penyakitnya.

Direktur keuangan Apple Peter Oppenheimer mengatakan ia berharap pendapatan sekitar 23 miliar dolar AS dan laba bersih per saham sekitar 5,03 dolar AS pada kuartal saat ini.

Saham Apple naik 1,35 persen menjadi 342,41 dolar AS setelah jam perdagangan.(*)
(Uu.SYS/A026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011