Jakarta (ANTARA) - Virgil Abloh, pendiri perusahaan fesyen Off-White dan direktur artistik pakaian pria di Louis Vuitton, meninggal pada hari Minggu (28/11) dalam usia 41 tahun, setelah dua tahun berjuang melawan angiosarcoma jantung atau kanker agresif yang langka.

"Kami semua terkejut mendengar berita ini. Virgil bukan hanya seorang desainer jenius, seorang visioner, dia juga seorang pria dengan jiwa yang indah dan kebijaksanaan yang luar biasa," ujar Bernard Arnault, CEO LVMH dalam keterangan resminya dikutip Variety, Senin.

"Saya bersama keluarga LVMH bersama-sama melewati kesedihan yang luar biasa ini, dan kami semua memikirkan orang-orang yang dicintainya setelah suami, ayah, saudara laki-laki atau teman mereka meninggal," lanjutnya.

Baca juga: Off-White hadir dengan warna-warna berani di awal 2020

Baca juga: Virgil Abloh bilang "streetwear" akan mati gaya tahun 2020
Virgil Abloh. (REUTERS/Benoit Tessier)

Arnault mengatakan sangat sedih harus mengumumkan meninggalnya Virgil Abloh.

Dalam pernyataan tersebut, Abloh memilih untuk merahasiakan kankernya setelah didiagnosis pada 2019, menjalani perawatan sambil terus bekerja sebagai salah satu desainer terkemuka di industri mode.

"Virgil didorong oleh dedikasinya pada keahliannya dan misinya untuk membuka pintu bagi orang lain dan menciptakan jalur untuk kesetaraan yang lebih besar dalam seni dan desain," kata Arnault.

"Dia sering berkata, 'Semua yang saya lakukan adalah untuk versi diri saya yang berusia 17 tahun,' sangat percaya pada kekuatan seni untuk menginspirasi generasi yang mendatang," lanjutnya.

Lahir dari orangtua imigran Ghana pada 30 September 1980, di Rockford, Illinois, Abloh belajar teknik sipil di University of Wisconsin-Madison, menerima gelar sarjana pada tahun 2002. Dia melanjutkan untuk mendapatkan gelar master dalam arsitektur dari Institut Teknologi Illinois pada tahun 2006.

Setelah menyelesaikan pendidikannya, Abloh bertemu Kanye West, yang akan menjadi salah satu kolaborator utama pertamanya. Pada tahun 2011, West menunjuk Abloh sebagai direktur kreatif perusahaannya Donda.

Selama masa jabatannya, Abloh bekerja sebagai direktur artistik di beberapa sampul album paling populer abad ke-21, termasuk "My Beautiful Dark Twisted Fantasy" karya West, "Yeezus" dan "Watch the Throne".

Abloh juga membuat sampul untuk lagu "LONG. LIVE. A$AP" milik A$AP Rocky, "Luv Is Rage 2" dari Lil Uzi Vert, "Wzrd" dari Kid Cudi, "Based on a T.R.U. Story" 2 Chainz dan lainnya.

Abloh mendirikan rumah mode Off-White pada 2012 dan menjabat sebagai CEO hingga kematiannya. Pendekatan radikalnya terhadap pakaian sangat bertanggung jawab atas jembatan antara dunia pakaian jalanan dan mode mewah yang telah muncul selama dekade terakhir.

Off-White membawa Abloh ke posisi yang lebih menonjol di panggung global hingga menarik perhatian Louis Vuitton.

Rumah mode itu menjadikan Abloh sebagai direktur artistik pakaian pria pada tahun 2018, yang digelutinya hingga akhir hayat. Abloh adalah orang Afrika-Amerika pertama yang memimpin lini pakaian pria.

"Hal pertama yang akan saya lakukan adalah menentukan kode baru,” kata Abloh kepada The New York Times setelah pengangkatannya pada tahun 2018.

"Muse saya selalu menjadi apa yang sebenarnya dipakai orang, dan saya sangat bersemangat untuk membuat versi mewah dari itu," lanjutnya.

Moët Hennessy Louis Vuitton membeli saham mayoritas di Off-White tahun lalu. Pada bulan Juli, Abloh mengambil posisi di LVMH yang memungkinkannya untuk bekerja di 75 merek grup, menjadi eksekutif kulit hitam paling kuat dalam sejarah grup mewah tersebut

Selain fesyen, Abloh juga terkenal dengan karyanya sebagai DJ dan desainer furnitur. Dia meninggalkan istrinya Shannon Abloh, anak-anaknya Lowe dan Grey, saudara perempuannya Edwina Abloh, orangtuanya Nee dan Eunice Abloh.

Baca juga: Nike x Louis Vuitton AF1, kolaborasi ciamik "sneakers"

Baca juga: BTS jadi global brand ambassador untuk Louis Vuitton

Baca juga: Louis Vuitton pamerkan Spring 2021 Menswear di dermaga Shanghai

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021