Pontianak (ANTARA News) - Tiket pesawat dari Pontianak menuju Jakarta menjelang libur panjang minggu ini sulit diperoleh dan harganya mencapai satu jutaan rupiah.

"Di sistem pemesanan menggunakan internet, sudah penuh semua penerbangan ke Jakarta dari Pontianak," kata Rinto dari PT MK Tour & Travel Pontianak, Kamis.

Menurut dia, harga tiket kelas ekonomi sudah mencapai di kisaran satu juta rupiah. Padahal biasanya harga tiket Pontianak - Jakarta antara Rp400 ribu sampai Rp500 ribu.

"Kemungkinan banyak yang ingin memanfaatkan libur panjang menyambut Paskah," kata dia.

Saat ini ada 16 kali penerbangan dari Pontianak ke Jakarta setiap harinya.

Ada empat maskapai yang melayani rute tersebut yakni Sriwijaya Air (empat kali), Lion Air (tiga kali), Batavia Air (empat kali) dan Garuda Indonesia (lima kali). Rute lain yang dilayani di Bandara Supadio Pontianak yakni dari Pontianak ke Batam dan Pontianak ke Kepulauan Natuna (Kepri).

Selain itu, ada juga rute penerbangan antarkota dalam provinsi seperti Pontianak - Ketapang dan Pontianak - Sintang.

Rute internasional dari Pontianak ke Kuching, Sarawak, dilayani Batavia Air di Bandara Supadio Pontianak. Rute internasional lainnya yakni Pontianak - Singapura oleh Batavia Air.

Rinto mengatakan, untuk Garuda Indonesia yang tersisa saat ini kelas bisnis dengan harga sekitar Rp2 juta per tiket.

Nurbuat, warga Jalan Tani Makmur, Pontianak Selatan, rencananya akan berangkat ke Jakarta bersama empat orang rekannya pada Kamis ini. Namun terpaksa ditunda karena kehabisan tiket.

Intohatin, warga Jalan Parit H Husin II Pontianak juga membatalkan niat ke Jakarta karena harga tiket yang mahal.

(T011/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011