Nikkei pangkas kerugian awal, investor pertimbangkan risiko Omicron

Nikkei pangkas kerugian awal, investor pertimbangkan risiko Omicron

Seorang wanita memegang payung berjalan di dekat papan elektonik yang menunjukkan indeks Nikkei di sebuah broker di Tokyo, Jepang, Senin (15/2/2021). ANTARA/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/am.

Tokyo (ANTARA) - Indeks saham Jepang Nikkei memangkas hampir semua kerugian awal pada perdagangan Senin, karena investor mencoba menilai sejauh mana varian virus corona Omicron dapat menyebabkan kerusakan perekonomian.

Indeks acuan Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) turun tipis 0,02 persen menjadi menetap di 28.746,49 poin pada istirahat tengah hari, setelah jatuh 1,4% di awal sesi.

Sementara itu, indeks Topix yang lebih luas berkurang 0,39 persen pada 1.977,20 poin.

Meskipun rebound dari titik terendah hari ini, banyak saham tetap berada di zona merah, dengan sekitar tiga penurunan untuk setiap kenaikan.

Investor dengan hati-hati membeli beberapa saham yang telah turun, menarik kenyamanan dari laporan bahwa seorang dokter Afrika Selatan yang telah merawat kasus mengatakan gejala Omicron sejauh ini ringan.

"Ada kekhawatiran tentang penularan infeksi tetapi pada saat yang sama pembuat obat akan mengerjakan vaksin baru juga. Bagaimanapun, kami akan tahu lebih banyak tentang varian baru dalam beberapa minggu," kata Nobuhiko Kuramochi, ahli strategi pasar di Sekuritas Mizuho.

Pejabat tinggi penyakit menular AS, Dr. Anthony Fauci, mengatakan kepada Presiden Joe Biden bahwa akan memakan waktu sekitar dua minggu untuk mendapatkan informasi pasti tentang Omicron.

Sektor terkait perjalanan dirusak oleh kekhawatiran tentang lebih banyak pembatasan, dengan operator Tokyo Disney Resort Oriental Land Corp merosot 2,8 persen.

Central Japan Railway kehilangan 1,6 persen, sementara East Japan Railway melemah 0,8 persen.

Produsen mobil turun karena yen memantul kembali terhadap dolar. Nissan Motor anjlok 3,8 persen, sementara Honda Motor jatuh 2,2 persen dan Subaru turun 1,8 persen.

Di sisi lain, beberapa saham pertumbuhan, yang telah dilanda kekhawatiran tentang suku bunga yang lebih tinggi, melihat minat baru dari investor.

Pembuat mesin pembuat chip Lasertec melonjak 5,1 persen, sementara operator portal medis M3 terangkat 4,2 persen.

Nintendo melonjak 4,3 persen, sebagian karena spekulasi bahwa Omicron dapat memicu lebih banyak pembatasan sosial, meningkatkan permintaan untuk konsol gamenya.

Baca juga: IHSG awal pekan diperkirakan melemah terbatas
Baca juga: Saham China dibuka melemah, lanjutkan kerugian dua sesi sebelumnya
Baca juga: Saham Korsel jatuh ke terendah 11-bulan terseret kekhawatiran Omicron

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar