Jambi (ANTARA) - Klub Jambi United yang menjadi juara tingkat Provinsi Jambi tahun ini dipromosikan bermain di Liga 3 tingkat nasional namun terkendala belum penuhnya dukungan dana dari berbagai pihak untuk bisa tampil di pentas nasional yang akan bergulir akhir Januari tahun depan.

Presiden Jambi United Ade Apriadi di Jambi, Senin, mengatakan setelah menjadi juara tingkat provinsi maka tahun depan mereka dipastikan bermain di level nasional bersama 34 tim daerah lainnya yang dibagi dalam beberapa grup dan itu semua perlu dukungan dana yang kuat untuk bisa berlaga dan masuk ke delapan besar nasional.

"Untuk saat ini, Jambi United sudah memiliki dukungan dana sebesar 30 persen dari 100 persen yang akan direncanakan untuk bisa tampil di pentas nasional nanti, maka dari itu kami berharap pemerintah daerah maupun provinsi serta pihak BUMD atau swasta ada yang bersedia memberikan bantuan donasi kepada kami agar bisa mengharumkan nama Provinsi Jambi," kata Ade.

Suatu kebanggaan bagi warga Jambi, satu-satunya klub sepak bola profesional Jambi United yang bisa menuju Liga 3 nasional dan pada laga nanti berharap bisa target mencapai masuk 8 besar.

"Di laga 3 nasional nanti, kita akan upaya maksimal bersama tim untuk bisa masuk 8 besar dan target kita akan mencapai ke liga 2 nasional nanti," kata Ade.

Persiapan tim Jambi United akan dilakukan secara maksimal selama dua bulan mulai Desember hingga Januari nanti dengan tim lansung menjalani pemusatan latihan di Kota Jambi, dengan menggunakan tiga lapangan untuk latihan yakni di Stadion Tri Lomba Juang, Persijam dan arena eks MTQ Pall Merah.

Jambi United berdiri pada 2018 dan mulai 2019 dan 2021, Jambi United meraih juara tingkat Provinsi Jambi dan akan berjuang di putaran nasional di awal tahun depan. Dengan asuhan pelatih Oktavianus mantan pemain Persija dan FC Sriwijaya, Jambi United mempersiapkan 30 pemain yang semuanya putra terbaik di Provinsi Jambi.

Sementara itu pemilik Jambi United Ari Dwidebrata mengatakan tim Jambi United akan membuat sejarah sepak bola Jambi, merintis dari awal untuk bisa berbuat terbaik untuk Provinsi Jambi sebagai pelaku sejarah olahraga pertama.

"Kita telah memilih para pemain terbaik di Provinsi Jambi yang ada berasal dari kabupaten/kota dan ada tiga pemain dari luar Jambi, satu ada dari Solok, Sumatera Barat dan Palembang (Sumatera Selatan), untuk ke depan nanti kita akan kembangkan lagi," kata Ari.

Dia berharap peran pemerintah, pihak swasta, atau juga BUMD dan khususnya masyarakat Jambi agar mau mendukung Jambi United yang membutuhkan dana yang begitu besar untuk bisa tampil di Liga 3 nasional mendatang.

Baca juga: PS Palembang rekrut empat pemain baru hadapi di Liga 3

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021