Jakarta (ANTARA News) - Bagi anda yang bercita-cita menjadi perempuan pengusaha, pengusaha produk jamu dan kosmetik DR. BRA. Mooryati Soedibyo membocorkan tips-tips untuk menjadi perempuan pengusaha.

"Kiat-kiat yang ingin saya sampaikan bagi wanita dia harus mempunyai sifat-sifat yang khusus bagi wanita yang ingin jadi entrepreneur. Sifat-sifat yang secara kearifan lokal yaitu filosofi Jawa memiliki sembilan sifat," kata bos Mustika Ratu itu, dalam acara pendaftaran perdana Women Entrepreneurship Academy di Aula Sasono Wiwoho, Jl. Ki Mangunsarkoro 69, Menteng, Jakarta, Kamis (21/4).

Sifat-sifat yang harus dimiliki perempuan pengusaha itu adalah sebagai berikut:

1. Tata, perempuan harus terencana dengan baik. Harus bisa menata dirinya sendiri dan orang lain.
2. Titi, harus rapi, melakukan segala sesuatu dengan akurat.
3. Titis/Mengena, harus memiliki tujuan dan berusaha untuk mencapai tujuan itu.
4. Tatak/Berani, perempuan harus berani mencoba, harus selalu berpikiran posotif dan tidak boleh takut gagal.
5. Tatas/Efektif, saat melakukan sesuatu harus dengan pemikiran yang tepat. Memiliki perencanaan yang tepat agar bisa berhasil.
6. Tetep/Konsisten, tidak mudah terombang-ambing. Tidak mudah berganti-ganti meski bisnis yang dijalani gagal, harus dicari dulu apa penyebab kegagalan dari bisnis itu. Apakah banyak saingan atau hal lainnya.
7. Tanggap/Respponsif, harus bisa menangkap peluang yang ada. Harus sensitif dalam melihat suatu peluang yang ada.
8. Teguh, keteguhan hati berarti pantang menyerah, tidak bisa mundur saat menemui kesulitan harus mencari tahu di mana kekurangannya dan kemudian mengubahnya.
9. Trengginas, harus trampil, aktif dan harus bisa melakukan apa saja.

Menurut Mooryati entrepreneur yang sukses harus mau mempraktekkan sesuatu yang berguna untuk dirinya, lingkungan dan masyarakat. Menginginkan suatu bentuk materiil dengan memiliki nilai budaya, sosial atau nilai ekonomi yang lebih berkualitas.

Mooryati mengatakan Women Entrepreneurship Academy membuka kesempatan seluas-luasnya bagi semua perempuan yang ingin maju dan mencapai sukses dalam hidupnya.

(ENY/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011