Rumah relokasi warga dampak Sirkuit MotoGP ditargetkan rampung 2022

Rumah relokasi warga dampak Sirkuit MotoGP ditargetkan rampung 2022

Kepala Dinas Perkim Lombok Tengah, Lalu Alfian. ANTARA/Akhyar.

Desain rumah khusus itu juga ditangani langsung oleh PUPR
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menyebutkan pembangunan rumah khusus bagi warga Dusun Ujung, Desa Kuta yang terdampak pembangunan Sirkuit Mandalika Internasional ditargetkan rampung pada tahun 2022 mendatang.

"Program rumah khusus dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mulai dikerjakan," kata Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Alfian di Praya, Senin.

Ia mengatakan, rumah khusus sebanyak 120 unit tersebut dibangun di Dusun Ngolang, Desa Kuta Kecamatan Pujut dengan luas lahan sekitar 2 Hektare.

"Lokasi pembangunan tidak ada masalah dan telah siap," katanya.

Baca juga: Persoalan lahan di KEK Mandalika tuntas jelang WSBK

Baca juga: Gubernur NTB atensi lahan klaim masyarakat di areal Sirkuit Mandalika


Program rumah khusus bagi warga yang rumahnya terkena imbas dari pembangunan Sirkuit Mandalika yang telah sukses menyelenggarakan ajang Asian Talent Cup dan Wolrd Superbike 2021, akan dilengkapi beberapa fasilitas umum seperti tempat ibadah dan akses jalan menuju perumahan tersebut.

"Konsep bangunannya seperti perumahan," katanya.

Ia juga menyampaikan, pengerjaan program rumah bagi warga yang terkena relokasi pembangunan Sirkuit itu ditangani langsung oleh Kementerian PUPR. Kontrak pengerjaan proyek tersebut dilakukan secara multiyear dan direncanakan tuntas pada tahun 2022 mendatang.

"Desain rumah khusus itu juga ditangani langsung oleh PUPR. Semoga tahun depan warga sudah bisa menempati rumahnya tersebut," katanya.

Sirkuit Pertamina Mandalika dengan panjang 4,3 kilometer dengan 17 tikungan akan menjadi tuan rumah ajang MotoGP di bulan Maret 2022 mendatang. Selain itu juga, Sirkuit yang ada di destinasi pariwisata Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) The Mandalika itu akan kembali menjadi tuan rumah balap IATC dan WSBK 2022.

Baca juga: ITDC selesaikan pembayaran lahan enclave Penlok 2 KEK Mandalika

Baca juga: DPRD NTB desak ITDC tuntaskan pembayaran lahan MotoGP Mandalika

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkop minta komunitas kreatif dampingi UMKM tampil saat MotoGP

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar