Barcelona (ANTARA News/AFP) - Unggulan teratas Rafael Nadal memperpanjang kemenangan lapangan tanah liat beruntun dia saat ini menjadi 31 pertandingan setelah petenis Spanyol itu meraih kemenangan 6-3, 6-1 atas Santiago Giraldo pada turnamen ATP Barcelona Terbuka, Kamis.

Nadal sedang mengincar gelar keenam dia pada turnamen di negaranya itu dalam tujuh kali turnamen setelah absen pada turnamen 2010 karena sedang menjalani perawatan cedera lutut.

Dia maju ke perempat final setelah bertanding kurang dari 90 menit, dapat lolos dari set pertama dengan lima "break" melawan petenis asal Amerika Selatan tersebut.

Pada set kedua, Nadal unggul 3-0 dan kemudian dengan cepat menyelesaikan set tersebut. Petenis nomor satu dunia itu terakhir kali kalah di lapangan tanah liat sewaktu di Roland Garros pada 2009 oleh Robin Soderling pada babak keempat.

Nadal kini mencatat 26 kemenangan dan empat kekalahan selama musim ini. Dia mencatat rekor menang-kalah 27-1 di Barcelona.

Pada hari Jumat dia akan menghadapi Gael Monfils, yang mengalahkan sesama petenis Prancis Richard Gasquet 6-4, 7-6 (9/7) pada pertandingan babak ketiga mereka.

Unggulan keempat yang menjadi finalis Monte Carlo David Ferrer juga meraih kemenangan setelah mengalahkan petenis Rumania Victor Hanescu 6-3, 6-2.

Petenis Austria Juergen Melzer mengalahkan petenis Spanyol Albert Montanes 6-7 (2/7), 6-3, 6-2, untuk bisa melakukan pertandingan ulang semifinal Monte Carlo, di mana dia dikalahkan Ferrer.

Ferrer juga memiliki sejarah yang gemilang di Barcelona, mencapai semifinal atau lebih baik lagi selama empat tahun terakhir dan kalah pada dua kali final dari Nadal pada turnamen tersebut, demikian AFP melaporkan. (I015/Z002/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011