Jakarta (ANTARA) - Paviliun Indonesia di ajang Expo 2020 Dubai menampilkan produk para pemenang penganugerahan Good Design Indonesia (GDI) 2021 melalui rolling exhibition Kementerian Perdagangan di area Pasar Malam Paviliun Indonesia.

“Perhelatan Expo 2020 Dubai membuka kesempatan bagi para pelaku bisnis Indonesia menampilkan aneka produk lokal yang berkualitas dan siap ekspor," kata Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Didi Sumedi lewat keterangannya diterima di Jakarta, Senin.

Didi mengatakan, meskipun produk Indonesia cukup berkualitas, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi. Salah satunya adalah dari sisi desain produk dan kemasan.

Penganugerahan GDI hadir untuk meningkatkan kualitas desain produk yang nantinya berpengaruh pada kualitas produk lokal untuk diekspor.

Baca juga: Kuliner laut Indonesia dipamerkan di Expo 2020 Dubai

Didi mengatakan, terdapat 16 produk dari para pemenang GDI yang akan dipamerkan. Adapun produk-produk yang ditampilkan mulai dari produk dekorasi yang terbuat dari bambu, perlengkapan alat tulis, dan produk fesyen seperti tas, sepatu, jam tangan yang berasal dari kayu eboni, serta masker elektrik transparan yang sukses menarik perhatian pengunjung.

Masker tersebut dilengkapi kipas motor dengan dua pengaturan kecepatan sehingga pengguna dapat bernapas lebih nyaman.

Selain itu, masker ini juga menggunakan bahan transparan yang dapat memudahkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa kehilangan ekspresi wajah. Expo 2020 Dubai menjadi salah satu panggung untuk memperkenalkan produk unggulan Indonesia, khususnya untuk pasar Uni Emirat Arab (UAE).

Baca juga: Kementerian PUPR perkenalkan inovasi aspal karet di Dubai Expo 2020

Didi menambahkan, GDI merupakan wujud komitmen Kemendag untuk melakukan terobosan yang inovatif dari segi pengembangan desain, kemasan, dan produk-produk dari berbagai pelaku bisnis Indonesia guna memicu pelaku usaha mengembangkan produknya.

Dorongan yang diberikan berupa peningkatan nilai komersial produk hingga memperluas peluang ekspor. GDI juga merupakan upaya mengembangkan produk ekspor melalui peningkatan desain dan kualitas produk ekspor.

Di sisi lain, program GDI juga turut memberikan peluang usaha dan akses pasar bagi para desainer dan eksportir Indonesia menuju pasar global.

Didi menambahkan, Kemendag telah menggelar GDI sebanyak lima kali sejak 2017. Tujuannya untuk membuka pintu para pelaku bisnis agar lebih mengasah kreativitas dari segi desain produk.

“Hal ini juga sekaligus membuka kesempatan untuk produk lokal yang unik untuk go internasional sehingga tidak kalah saing dengan produk luar negeri lainnya. Berbagai produk lokal Indonesia yang ditampilkan dalam Paviliun Indonesia juga merupakan produk dengan desain yang menarik serta merupakan produk berkualitas tinggi dan bermanfaat untuk penggunanya,” ungkap Didi.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021