Tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan berlebihan. Semua berjalan normal.
Timika (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Mimika, Polda Papua tidak menggelar kegiatan pengamanan khusus menjelang 1 Desember oleh sebagian warga Papua diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Menghadapi 1 Desember, semua berjalan seperti biasa. Kalau pun ada peningkatan kegiatan kepolisian, tidak sampai skalanya yang besar. Jangan menganggap seolah-olah situasi demikian mencekam, sehingga perlu ada pengamanan khusus," kata Wakapolres Mimika Komisaris Polisi Sarraju, di Timika, Senin.

Kompol Sarraju menyebut situasi kamtibmas di Mimika selama beberapa bulan terakhir, semenjak PON XX lalu dan diikuti dengan beberapa kegiatan kerohanian seperti Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII tingkat Provinsi Papua dan Konferensi Sinode Gereja Kingmi se Papua, secara umum aman, kondusif, dan terkendali.

Situasi kamtibmas yang demikian aman tersebut, katanya lagi, warga diharapkan tetap beraktivitas seperti biasa dan tidak perlu khawatir berlebihan.

"Tidak ada hal-hal yang perlu dikhawatirkan berlebihan. Semua berjalan normal," ujar Sarraju.

Sejauh ini Polres Mimika belum menerima adanya surat pemberitahuan dari kelompok atau organisasi tertentu yang akan menggelar kegiatan pada 1 Desember 2021.

"Sampai saat ini tidak ada. satuan intelijen kami terus melakukan kegiatan deteksi soal adanya potensi kerawanan kamtibmas, demikian pun dengan satuan-satuan yang lain diharapkan terus menjalankan fungsinya masing-masing termasuk melakukan patroli untuk memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat di Kota Timika," kata Sarraju.

Secara khusus di area pertambangan PT Freeport Indonesia di wilayah Tembagapura dan sekitarnya, pengamanan menjelang 1 Desember 2021 diperketat oleh sejumlah satuan tugas (satgas) yang ditempatkan di wilayah itu, seperti Satgas Amole, Satgas Nemangkawi, Satgas Nanggala, dan lainnya.

"Di area operasional PT Freeport sudah ada pengamanan oleh satgas yang ada di sana, mengingat PT Freeport merupakan obyek vital. Pasti sudah ada langkah-langkah antisipasi yang mereka lakukan seandainya ada hal-hal yang bisa menimbulkan gangguan keamanan terhadap operasi perusahaan," ujar Sarraju.

Merujuk pada situasi dan kondisi beberapa bulan terakhir, situasi kamtibmas di Mimika, terutama di Kota Timika secara umum kondusif. Tidak ada hal-hal yang sangat serius yang terjadi. 
Baca juga: Pengamanan area Freeport diperketat menjelang 1 Desember
Baca juga: TNI-Polri siap amankan 1 Desember di Sentani, 700 personel bersiaga

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021