PLN Sumut serahkan bantuan alat pengering ikan di Belawan

PLN Sumut serahkan bantuan alat pengering ikan di Belawan

General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung menyampaikan sambutannya pada Apel Siaga. (ANTARA/HO)

alat ini dapat memperkecil kerugian karena tidak tergantung matahari
Medan (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara menyerahkan bantuan seperangkat alat pengering ikan asin sederhana kepada kelompok usaha di Belawan, Medan, Sumatera Utara.

"Bantuan alat pengering ikan asin sederhana ini merupakan hasil karya inovasi dari Universitas Sumatera Utara (USU) dalam kompetisi PLN Innovation and Competition In Electricity (ICE) dan mendapatkan juara pertama pada kategori peralatan listrik dalam ajang tersebut," kata General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung, dalam keterangan tertulis, Senin.

Ia menyebutkan, sebagai tindak lanjut dari PLN ICE, maka PLN menggandeng USU untuk mengembangkan prototipe alat pengering ikan asins sederhana berbasis listrik dengan cara memberikan alat tersebut kelompok usaha ikan asin yang ada di Belawan dalam program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL).

Alat ini sangat membantu para pengusaha pengering ikan asin, karena tidak lagi bergantung kepada sinar matahari, sehingga dapat meminimalkan kerugian.

"Di sisi lain, alat ini juga merupakan salah satu implementasi electrying lifestyle yang jauh lebih efisien, aman, ekonomis, dan ramah lingkungan," kata Pandapotan.

Sementara itu, Prof Dr Ir Noverita Sprinse Vinolina,M.P, mengucapkan terima kasih kepada PLN atas kepercayaan yang diberikan ke USU untuk membuat alat pengeringan sederhana ini.

"Diharapkan alat ini dapat bermanfaat membantu kelompok usaha dalam melakukan proses pengeringan ikan, sehingga dengan adanya alat ini dapat memperkecil kerugian," kata Noverita.

Alat pengering ikan sederhana berbasis listrik dari bantuan biaya penyambungan pasang baru secara simbolis diberikan kepada Daulat Manullang yang diserahkan langsung oleh General Manajer PLN UIW Sumut Pandapotan Manurung.
Baca juga: 1.000 bibit mangrove ditanam di Pulau Sumanga-Sultra
Baca juga: Institut Teknologi PLN tampilkan produk kendaraan listrik di IEMS 2021
Baca juga: Menteri ESDM: Tambahan pembangkit di Sulut akan dipenuhi dari EBT
 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021

LKBN Antara Biro Sumut latih humas hasilkan informasi edukatif

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar