Jakarta (ANTARA) - Kroasia menjadi tim pertama yang lolos ke empat besar Final Piala Davis setelah pasangan ganda Nikola Mektic dan Mate Pavic mengalahkan duo Italia Fabio Fognini dan Jannik Sinner untuk memastikan kemenangan 2-1 di Turin, Senin waktu setempat atau Selasa WIB.

Sinner bangkit dari ambang kekalahan untuk mengalahkan Marin Cilic dan membawa pertandingan ke laga penentuan setelah Borna mengejutkan Lorenzo Sonego untuk menempatkan juara 2018 Kroasia memimpin sementara.

Pasangan nomor satu dunia Mektik dan Pavic, dikutip dari Reuters, terbukti terlalu kuat saat mereka membungkam penonton di Pala Alpitour Arena untuk mengklaim langsung 6-3 6-4 dalam satu jam 19 menit.

Kroasia, yang mencapai perempat final dengan memuncaki Grup D pekan lalu, akan menghadapi Serbia atau Kazakhstan untuk memperebutkan satu tempat di final yang akan digelar di Madrid, Minggu.

Baca juga: Swedia, Kroasia dan Prancis unggul di laga pembuka Final Piala Davis

Sinner, yang berusia 20 tahun, sebelumnya membuat Italia bertahan dengan kemenangan 3-6 7-6(4) 6-3 dari Cilic.

Mantan juara US Open Cilic melakukan servis untuk pertandingan pada kedudukan 5-4 pada set kedua, tetapi penampilannya yang goyah membuat lawannya lolos. Sinner tampil solid pada tiebreak untuk membawa pertandingan ke set penentuan di mana dia mematahkan servis di gim pertama.

Cilic membalas dengan break, tetapi dari kedudukan 3-3 di set penentuan, Sinner mengambil alih untuk mengklaim kemenangan besar.

Namun, perjuangan Sinner di nomor tunggal tampaknya sia-sia setelah dia bersama Fognini tidak banyak memberi kesan pada spesialis ganda dari Kroasia.

Baca juga: Italia amankan delapan besar, Rusia dan Inggris unggul di Piala Davis

Sebelumnya, Gojo yang berusia 23 tahun, peringkat 279 dunia, mengalahkan pemain 30 besar Sonego 7-6(2) 2-6 6-2.

Gojo awalnya tertingal 4-1 di set pertama tetapi membalas dengan impresif untuk mengklaim tiebreak.

Sonego tampaknya membalikkan keadaan ketika dia melewati set kedua. Namun, Gojo yang melakukan servis dengan brilian, menunjukkan kemajuan di set penentuan dan bertahan dengan luar biasa untuk menyelamatkan break point dan mempertahankan servis pada kedudukan 4-2.

Gojo, yang mengalahkan petenis peringkat atas Australia Alexei Popyrin di fase grup pekan lalu, mengklaim kemenangan ketika pukulan forehand Sonego melewati baseline.

Baca juga: Juara bertahan Spanyol tersingkir di Piala Davis
Baca juga: Tuan rumah Piala Davis 2022 diumumkan pekan depan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021